Adinda, Salsabilla Putri (2025) PERANCANGAN STRUKTUR DAN BIAYA JEMBATAN TIMBANG MENGGUNAKAN SNI 1725:2016 PADA PT. TRIMATA BENUA KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version Download (607kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (250kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
|
![]() |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (714kB) |
|
![]() |
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (710kB) |
|
![]() |
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
|
![]() |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Jembatan timbang merupakan salah satu bagian dari infrastruktur transportasi yang berfungsi untuk mengontrol beban kendaraan angkut material tambang, guna memastikan pencatatan beban agar mencegah kesalahan yang berdampak terhadap kerugian. Struktur dirancang mampu menahan beban tinggi dari truk yang memiliki tonase besar dan frekuensi lintasan tinggi. Perancangan struktur membahas perhitungan struktur bangunan atas, meliputi perancangan pelat lantai baja 16 mm, gelagar memanjang IWF 300.200.9.14 mm, gelagar melintang IWF 350.250.9.14 mm, diafragma IWF 200.200.8.13 mm, dan gelagar induk IWF 700.300.13.24 mm. Serta perhitungan struktur bangunan bawah, meliputi pelat injak fc 24,90 MPa, kolom headwall fc 24,90 MPa, dan pondasi rakit yang di gabungkan dengan pondasi tiang pancang yang menggunakan mini pile diameter 350.350 mm. Perancangan juga meliputi perhitungan sambungan yang digunakan sebagai media sambung antar elemen struktur berupa sambungan baut dan las. Perhitungan dilakukan dengan mengacu pada Standar Nasional Indonesia (SNI) 1725:2016 mengenai pembebanan struktur jembatan yang meliputi beban mati struktur, beban hidup berupa beban kendaraan angkut, maupun beban lain yang digunakan selama masa layan. Hasil perhitungan menunjukan bahwa seluruh elemen struktur yang dirancang memenuhi syarat kekuatan lentur, geser, dan stabilitas defleksi. Rencana anggaran biaya yang didapat ialah Rp2.254.126.334 (Dua miliar dua ratus lima puluh empat juta seratus dua puluh enam ribu tiga ratus tiga puluh empat rupiah).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Baja, Fondasi, Gelagar, Jembatan timbang, Struktur |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Design Roads and Bridges > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Pustaka Teknik Sipil |
Date Deposited: | 07 Sep 2025 01:29 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 02:32 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/19827 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |