RANCANG BANGUN ALAT UKUR EMISI GAS BUANG KENDARAAN BERMOTOR BERBASIS IOT DENGAN INTEGRASI APLIKASI BLYNK

Saputra, M.Imam Dwi (2025) RANCANG BANGUN ALAT UKUR EMISI GAS BUANG KENDARAAN BERMOTOR BERBASIS IOT DENGAN INTEGRASI APLIKASI BLYNK. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img] Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text (Bab II)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab III)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab V)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Emisi gas buang kendaraan bermotor menjadi salah satu faktor utama penyebab pencemaran udara di perkotaan, sehingga diperlukan sistem monitoring emisi yang efektif dan terjangkau. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun alat ukur emisi gas kendaraan bermotor berbasis Internet of Things (IoT) dengan integrasi aplikasi Blynk. Sistem ini menggunakan mikrokontroler ESP32 yang terhubung dengan sensor gas MQ-2, MQ-4, MQ-7, dan MQ-135 untuk mendeteksi konsentrasi gas CO, HC, CH₄, dan CO₂. Metode perhitungan ppm dilakukan dengan pembacaan Rs/Ro dan pendekatan kurva log-log berdasarkan slope dan intercept datasheet untuk memperoleh hasil yang akurat. Hasil pengukuran ditampilkan secara real time pada LCD 20x4 dan dikirim ke aplikasi Blynk IoT untuk pemantauan jarak jauh melalui smartphone, serta dilengkapi buzzer sebagai peringatan dini jika emisi melebihi ambang batas. Pengujian dilakukan pada motor Honda Beat tahun 2024 dengan bahan bakar Pertamax dan Pertalite. Pada penggunaan Pertamax, konsentrasi gas HC terukur sebesar 246,1 ppm dan 170,6 ppm dengan CO masing-masing 3,7% dan 2,93%, CH₄ sebesar 28,7 ppm dan 10,8 ppm, serta CO₂ sebesar 14,7% dan 23,76%. Sementara pada Pertalite, HC terukur 195,7 ppm dan 249,5 ppm dengan CO masing-masing 4,2% dan 4,01%, CH₄ sebesar 28,8 ppm dan 41,4 ppm, serta CO₂ sebesar 25,7% dan 29,64%. Hasil ini menunjukkan bahwa Pertamax menghasilkan emisi CO dan HC yang lebih rendah serta CO₂ yang lebih tinggi secara proporsional, menandakan pembakaran yang lebih sempurna dibanding Pertalite. Keseluruhan hasil penelitian membuktikan bahwa alat ukur emisi gas kendaraan bermotor berbasis IoT yang dirancang dapat berfungsi dengan baik, praktis digunakan, serta mendukung pengembangan sistem monitoring lingkungan yang terintegrasi sesuai kebutuhan era Industri 4.0.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Emisi, IoT, ESP32, sensor MQ
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Electronic Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Pustaka Teknik Elektro
Date Deposited: 09 Sep 2025 00:52
Last Modified: 09 Sep 2025 00:52
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/19885

Actions (login required)

View Item View Item