Ulya, Khoirun Niswati (2025) KOMIK INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FIKIH PADA MATERI MUAMALAH KELAS X DI MAN 1 PALEMBANG. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version Download (913kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (228kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
|
![]() |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (896kB) |
|
![]() |
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
![]() |
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
|
![]() |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Pembelajaran Fikih Muamalah yang seringkali bersifat kompleks karena melibatkan banyak istilah hukum yang membutuhkan pemahaman dalam bentuk visualisasi. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang mampu menyajikan konsep ini secara lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa. mendorong perlunya pengembangan media yang lebih interaktif. Penelitian ini bertujuan merancang dan mengembangkan media pembelajaran berbasis komik interaktif pada materi kerja sama dalam muamalah (Musaqah, Muzara’ah, dan Mukhabarah) untuk siswa kelas X. Pengembangan media menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dan diimplementasikan menjadi aplikasi berbasis android. Proses meliputi tahap konseptualisasi, desain, produksi aset visual, pemrograman, validasi, dan pengujian. Validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 3,90 (Sangat Baik), menunjukkan kesesuaian isi dengan prinsip Fikih dan kurikulum. Validasi ahli media memperoleh skor 3,04 (Baik), dengan catatan perbaikan pada aspek visual. Uji coba pengguna menggunakan User Experience Questionnaire - Short (UEQ-S) menghasilkan skor 1,61 yang dikategorikan Excellent berdasarkan benchmark UEQ. Hasil ini menunjukkan bahwa pendekatan komik interaktif mampu menyampaikan materi secara menarik dan menyenangkan, serta efektif dari aspek pragmatis dan hedonis. Aplikasi dinilai layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan pengalaman pengguna yang baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komik Interaktif, Media Pembelajaran, Fikih Muamalah, Pengalaman Pengguna, Multimedia Development Life Cycle (MDLC) |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Digital Multimedia Information Technology > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Pustaka Teknik Komputer |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 02:34 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 02:34 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/20046 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |