IMPLEMENTASI GAME TRADISIONAL "BEBENTENGAN" KE DALAM BOARDGAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SISWA KELAS VIII SMP MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Rifki, Syahir (2025) IMPLEMENTASI GAME TRADISIONAL "BEBENTENGAN" KE DALAM BOARDGAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SISWA KELAS VIII SMP MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk merancang media pembelajaran berupa board game yang terinspirasi dari permainan tradisional "Bebentengan", dengan harapan dapat meningkatkan minat serta pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Seni Budaya. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah minimnya ketersediaan media pembelajaran inovatif yang dapat mendorong keterlibatan aktif siswa dalam kegiatan belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Design Thinking yang terdiri dari lima tahap: empathize, define, ideate, prototype, dan test. Produk yang dikembangkan berupa board game fisik dengan komponen papan, kartu soal, kartu misi, petunjuk permainan, dan kunci jawaban yang dirancang sesuai kebutuhan siswa kelas VIII SMP. Pengujian dilakukan melalui validasi ahli media dan materi, serta uji efektivitas kepada siswa melalui pre-test dan post-test. Hasil validasi menunjukkan bahwa board game memenuhi kriteria kelayakan sebagai media pembelajaran. Selain itu, hasil uji efektivitas menunjukkan adanya peningkatan signifikan hasil belajar siswa setelah menggunakan media ini, dibuktikan dengan perolehan rata-rata bahwa N-Gain yang diperoleh adalah sebesar 0,81 atau setara dengan 81%, yang tergolong dalam kategori Tinggi. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa implementasi permainan tradisional ke dalam board game edukatif dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang menyenangkan, dan efektif dalam mendukung proses belajar mengajar di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: board game, game tradisional, design thinking, media pembelajaran, seni budaya
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Digital Multimedia Information Technology > Undergraduate Theses
Depositing User: Pustaka Teknik Komputer
Date Deposited: 11 Sep 2025 01:37
Last Modified: 11 Sep 2025 01:37
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/20054

Actions (login required)

View Item View Item