PERENCANAAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN KAKU JALAN KOLEKTOR PRIMER PESISIR TIMUR OKI ZONA 6 KEC. MAKARTI JAYA - MUARA TELANG (STA 342+200 - 349+400)

Yazid, Geraldi and Wijaya, Rizky Amanda Syahqina (2025) PERENCANAAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN KAKU JALAN KOLEKTOR PRIMER PESISIR TIMUR OKI ZONA 6 KEC. MAKARTI JAYA - MUARA TELANG (STA 342+200 - 349+400). Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (121kB)
[img] Text (Bab I)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text (Bab II)
BAB 2 LANDASAN TEORI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab III)
BAB 3 PERHITUNGAN KONSTRUKSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (Bab IV)
BAB 4 MANAJEMEN PROYEK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab V)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (30MB)

Abstract

Jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2024 mencapai 281.603.800 jiwa, yang berdampak pada meningkatnya volume lalu lintas di berbagai wilayah. Jalan Kolektor Primer Pesisir Timur OKI Zona 6 (STA 342+200 – 349+400) sepanjang 7,2 km perlu dilakukan perencanaan ulang akibat beban lalu lintas berat yang melebihi 10 juta ESA. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan ulang desain geometrik dan tebal perkerasan kaku menggunakan pedoman teknis terbaru, yaitu Pedoman Desain Geometrik Jalan 2021 dan Manual Desain Perkerasan Jalan 2024. Perencanaan meliputi alinyemen horizontal dan vertikal, saluran drainase, dan gorong-gorong. Selain itu, dilakukan perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan pembuatan kurva “S” untuk estimasi durasi pekerjaan. Hasil dari perencanaan menunjukkan bahwa spesifikasi teknis dan dimensi geometrik perlu disesuaikan untuk mengakomodasi Lalu Lintas Harian Rata-rata (LHR) serta menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna jalan. Perkerasan kaku dipilih karena mampu menopang lalu lintas berat secara efektif dan berkelanjutan. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa total Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembangunan jalan mencapai Rp 129.826.648.461.00, termasuk PPN 11%. Perkerasan kaku dipilih untuk memastikan daya dukung terhadap lalu lintas berat serta umur pelayanan jalan yang lebih panjang. Perencanaan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan infrastruktur jalan provinsi dan memberikan kontribusi terhadap peningkatan konektivitas wilayah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Perencanaan ulang, perkerasan kaku, desain geometrik, LHR, beban lalu lintas, RAB
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Design Roads and Bridges > Undergraduate Theses
Depositing User: Pustaka Teknik Sipil
Date Deposited: 15 Sep 2025 04:03
Last Modified: 15 Sep 2025 04:03
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/20086

Actions (login required)

View Item View Item