IMPLEMENTASI GAME INTERAKTIF SAMBUNG AYAT AL QURAN PADA RUMAH THAFIDZ AL HARISUN

Zahrani, Afifah (2025) IMPLEMENTASI GAME INTERAKTIF SAMBUNG AYAT AL QURAN PADA RUMAH THAFIDZ AL HARISUN. Diploma thesis, Politeknik Negeri sriwijaya.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (935kB)
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (788kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (958kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Santri di Rumah Tahfidz Al Harisun menghadapi kesulitan dalam menghafal dan menyambung ayat-ayat pendek Al-Qur’an, terutama pada Juz Amma. Hal ini diperburuk oleh minimnya media pembelajaran interaktif yang sesuai dengan karakteristik generasi digital yang terbiasa dengan teknologi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk game interaktif berbasis Android guna mendukung proses hafalan Al-Qur’an. Game ini dirancang menggunakan metode sambung ayat yang menyenangkan dan interaktif, serta dikembangkan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Aplikasi dibangun menggunakan Unity dan divalidasi oleh ahli media serta ahli materi. Hasil validasi menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 100% dari ahli media dan 93,33% dari ahli materi. Selain itu, usability game diuji terhadap 30 santri aktif menggunakan instrumen System Usability Scale (SUS). Hasil pengujian menunjukkan nilai rata-rata SUS sebesar 88,08 yang berada dalam kategori "Excellent", menandakan bahwa game ini mudah digunakan, efisien, dan disukai oleh pengguna. Aplikasi ini terbukti mampu meningkatkan motivasi dan partisipasi santri dalam menghafal Al-Qur’an, serta dapat dijadikan sebagai media pembelajaran alternatif yang inovatif bagi lembaga tahfidz. Kata kunci : Game interaktif, sambung ayat, hafalan Al-Qur’an, ADDIE, System Usability Scale (SUS), Unity

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Game interaktif, sambung ayat, hafalan Al-Qur’an, ADDIE, System Usability Scale (SUS), Unity
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Digital Multimedia Information Technology > Undergraduate Theses
Depositing User: Pustaka Teknik Komputer
Date Deposited: 12 Sep 2025 03:14
Last Modified: 12 Sep 2025 03:14
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/20091

Actions (login required)

View Item View Item