Savira, Nazwa and Yuprisella, Cindi (2025) PERANCANGAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN KAKU JALAN SIMPANG SERAPAT – MARABAHAN STA 0+000 – STA 8+092 KOTA BANJARMASIN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version Download (716kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (227kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
|
![]() |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
![]() |
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
![]() |
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
Abstract
Proyek pembangunan Jalan Simpang Serapat – Marabahan yang berlokasi di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, merupakan salah satu proyek prioritas dalam pengembangan infrastruktur jalan nasional karena sebagai penghubung Kota Banjarmasin dengan Kabupaten Barito Kuala dan berfungsi sebagai jalur utama yang mengoneksikan berbagai wilayah di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Berdasarkan data lalu lintas harian yang mencapai 46.238,316 SMP/hari, jalan ini diklasifikasikan sebagai Jalan Arteri Kelas 1 dengan tipe 4/2 T. Dimensi jalan meliputi lebar lajur 3,5 meter, median 2 meter, bahu luar 2 meter, dan bahu dalam 0,5 meter. Jalan sepanjang 8.030,531 meter ini memiliki karakteristik medan datar dengan kemiringan sebesar 1% dan kecepatan rencana sebesar 70 km/jam. Perencanaan geometrik meliputi alinyemen horizontal dengan 3 tikungan, terdiri dari 1 tikungan tipe Full Circle (FC) dan 2 tikungan Spiral-Circle-Spiral (SCS), serta alinyemen vertikal yang mencakup 11 lengkung, terdiri dari 6 lengkung cembung dan 5 lengkung cekung. Struktur perkerasan yang digunakan adalah perkerasan kaku (Rigid Pavement) dengan jenis perkerasan beton bertulang bersambung (JRCP), menggunakan mutu beton K-400 dengan ketebalan pelat 0,3 meter, Lean Mix Concrete K-125 setebal 0,15 meter, lapisan fondasi agregat kelas A setebal 0,2 meter, serta lapisan stabilisasi semen setebal 0,2 meter. Saluran samping yang direncanakan adalah saluran tipe U-Ditch dengan ukuran 1,25 x 1,25 meter dan dilengkapi dengan 5 unit Box Culvert tipe single berukuran 1,34 x 1,84 meter. Total anggaran pembangunan jalan ini diperkirakan sebesar Rp274.938.000.000 (Dua Ratus Tujuh Puluh Empat Miliar Sembilan Ratus Tiga Puluh Delapan Juta Rupiah), dengan estimasi waktu pelaksanaan selama 297 hari kerja.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Infrastrukktur, Perancangan Geometrik, Perkerasan Kaku, Rencana Anggaran Biaya |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Design Roads and Bridges > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Pustaka Teknik Sipil |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 03:26 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 03:26 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/20097 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |