Prayodi, Eggi Hari (2025) RANCANG BANGUN ALAT BANTU PELEPASAN DAN PEMASANGAN SHOCK BREAKER MOBIL TIPE COIL SPRING DENGAN BEBAN MAKSIMAL 3,1 TON (PROSES PEMBUATAN). Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (192kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
|
![]() |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (658kB) |
|
![]() |
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (907kB) |
|
![]() |
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
|
![]() |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Laporan akhir ini membahas secara menyeluruh proses perancangan dan pembuatan alat bantu pelepasan dan pemasangan shock absorber mobil tipe coil spring dengan beban maksimal hingga 3,1 ton. Alat ini dikembangkan sebagai solusi untuk meningkatkan keselamatan dan efisiensi kerja teknisi dalam proses perawatan atau penggantian suspensi kendaraan bermotor, khususnya mobil penumpang seperti MPV, SUV, dan pickup. Shock absorber tipe coil spring menyimpan energi potensial tinggi yang dapat membahayakan teknisi jika dilepas tanpa alat bantu. Oleh karena itu, alat ini dirancang dengan sistem mekanisme ulir kotak yang dapat digerakkan menggunakan impact wrench, menggantikan metode manual yang membutuhkan tenaga besar dan berisiko tinggi. Tahapan perancangan meliputi identifikasi kebutuhan teknis, pemilihan material (SS400 dan AISI 4140), serta analisis kekuatan meliputi ulir, las, plat penahan, lengan penekan, dan sambungan. Proses pembuatan mencakup pemesinan dengan mesin bubut, mesin bor, mesin gerinda, pengelasan, serta perakitan komponen. Pengujian alat dilakukan untuk mengetahui ketahanan terhadap beban kerja maksimal, serta efektivitas dan efisiensi waktu penggunaan antara metode manual dan otomatis. Hasil pengujian menunjukkan bahwa alat mampu bekerja dengan baik tanpa deformasi atau kerusakan pada komponen. Selain itu, waktu kerja dapat ditekan secara signifikan, dan risiko cedera teknisi menurun drastis. Dengan desain yang ergonomis dan portabel, alat ini tidak hanya mendukung keselamatan kerja, tetapi juga meningkatkan produktivitas di lingkungan bengkel otomotif. Kata Kunci: Trecker Shock Absorber, Coil Spring, Impact Wrench, Rancang Bangun, Ulir Kotak, Alat Bantu Otomotif
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Trecker Shock Absorber, Coil Spring, Impact Wrench, Rancang Bangun, Ulir Kotak, Alat Bantu Otomotif |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Mechanical Engineering > Journal |
Depositing User: | Pustaka Teknik Mesin |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 09:46 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 09:46 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/20110 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |