ANIMASI 2D SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS 5 (STUDI KASUS : SDN 1 SUPAT)

Lestari, Intan (2025) ANIMASI 2D SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS 5 (STUDI KASUS : SDN 1 SUPAT). Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (538kB) | Preview
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (190kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Metodelogi Penelitian atau Keadaan Umum.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V Simpulan dan Saran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap materi operasi hitung bilangan bulat akibat metode pembelajaran yang masih konvensional dan minimnya media interaktif. Tujuan dari tugas akhir ini adalah mengembangkan dan menganalisis efektivitas animasi 2D sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas 5 SD Negeri 1 Supat. Metode yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang mencakup enam tahap: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, serta pretest dan posttest. Evaluasi kelayakan media menggunakan validasi ahli materi dengan hasil kelayakan sebesar 95% (kategori sangat layak). Efektivitas media diuji menggunakan desain One Group Pretest-Posttest pada 61 siswa, dengan hasil uji N-Gain menunjukkan peningkatan rata-rata sebesar 83% (kategori tinggi). Hasil ini menunjukkan bahwa animasi 2D yang dikembangkan sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap operasi hitung bilangan bulat. Oleh karena itu, media ini dapat dijadikan alternatif inovatif dalam pembelajaran matematika yang lebih menarik, interaktif, dan mudah dipahami oleh siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: animasi 2D, media pembelajaran, matematika, bilangan bulat, siswa SD, MDLC
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Digital Multimedia Information Technology > Undergraduate Theses
Depositing User: Pustaka Teknik Komputer
Date Deposited: 12 Sep 2025 03:57
Last Modified: 12 Sep 2025 03:57
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/20149

Actions (login required)

View Item View Item