PUTRA, ARIANSYAH DWI and PRATAMA, TEGAR IZZA (2025) PERANCANGAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN KAKU RUAS JALAN SP. SUGIH WARAS - BTS, KOTA BATU RAJA STA 0+000 - STA 6+669 KABUPATEN MUARA ENIM PROVINSI SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version Download (668kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (288kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II Landasan Teori.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III Perhitungan Konstruksi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV Manajemen Proyek.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V Penutup.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (74MB) |
Abstract
Skripsi ini disusun dengan tujuan untuk melakukan perancangan geometrik jalan dan tebal perkerasan kaku pada Ruas Jalan SP. Sugih Waras – Bts. Kota Batu Raja STA 0+000 – STA 6+669 di Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan. Perancangan ini didasarkan pada analisis data topografi, lalu lintas, dan kondisi tanah, dengan mengacu pada Pedoman Desain Geometrik Jalan (PDGJ) Nomor 13/P/BM/2021 dan Manual Desain Perkerasan Jalan Tahun 2024 dari Direktorat Jenderal Bina Marga. Berdasarkan analisis, ruas jalan ini diklasifikasikan sebagai jalan Arteri Kelas I dengan medan perbukitan. Kecepatan rencana (VR) yang ditetapkan adalah 50 km/jam, dengan lebar jalur 7 meter (2 lajur x 3,5 meter) dan lebar bahu jalan 2 meter (2 lajur x 1 meter). Desain alinyemen horizontal menggunakan kombinasi tikungan Spiral-CircleSpiral (SCS) dan Full Circle (FC) yang memenuhi standar keamanan dan kenyamanan. Perhitungan pelebaran perkerasan pada tikungan juga telah dilakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan. Analisis lalu lintas harian rata-rata (LHR) yang diproyeksikan hingga tahun 2065 adalah 25.623,79 SMP/hari. Hasil analisis faktor kelelahan (fatigue) dan erosi menunjukkan tebal perkerasan beton semen yang memadai adalah 250 mm , dengan lapis fondasi bawah beton kurus 150 mm, Lapis Fondasi Agregat (LFA) Kelas A 200 mm, dan timbunan pilihan berbutir kasar 200 mm di atas tanah dasar dengan CBR desain 5,36%. Perancangan drainase permukaan telah dilakukan dengan menghitung debit aliran rencana sebesar 0,612 m/detik. Selain itu, laporan ini juga mencakup perhitungan volume galian dan timbunan, serta Rencana Anggaran Biaya (RAB) total sebesar Rp 83.819.540.396,75, termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 11%. Manajemen proyek juga mencakup aspekaspek seperti perhitungan hari kerja dan kebutuhan alat, serta penyusunan rencana kerja dan syarat-syarat (RKS).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Geometrik Jalan, Perkerasan Kaku, Tebal Perkerasan, Drainase, Manajemen Proyek. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Civil Engineering > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Pustaka Teknik Sipil |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 08:55 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 08:55 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/20236 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |