Pratama, M. Dhaniel (2025) RANCANG BANGUN KERETA MAGNETIC LEVITATION BERBASIS ENERGI SURYA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (230kB) |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (911kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kereta Magnetic Levitation (Maglev) adalah teknologi transportasi yang memanfaatkan gaya magnet untuk mengangkat dan menggerakkan kereta tanpa kontak fisik dengan rel. Sistem ini menggunakan magnet permanen untuk menghasilkan medan elektromagnetik, yang memungkinkan levitasi dan propulsi. Dengan pemanfaatan magnet permanen, sistem ini dapat bekerja secara efisien karena magnet permanen dapat menghasilkan medan magnet secara terus-menerus tanpa memerlukan aliran listrik eksternal. Magnet permanen digunakan dalam dua fungsi utama: levitasi dan propulsi. Proses levitasi terjadi ketika magnet pada rel dan magnet di bawah kabin saling tolak-menolak, menghasilkan gaya angkat yang mengangkat kabin dari rel. Untuk sistem gaya dorong, interaksi antara magnet pada sisi samping kabin dan magnet pada shaft lead screw menciptakan gaya tarik- menarik, yang menyebabkan pergerakan linier kereta saat lead screw bergerak. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penggunaan magnet permanen menghasilkan levitasi setinggi 0,7 cm pada kereta maglev. Selain itu, sistem propulsi mampu menghasilkan kecepatan antara ~ 0,46 m/s pada kondisi baterai 30% hingga ~ 0,79 m/s dengan kondisi baterai 90%. Kecepatan ini dapat bervariasi tergantung pada daya yang dapat dikeluarkan oleh baterai, yang mempengaruhi performa sistem gaya dorong dan stabilitas pergerakan kereta.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kereta Magnetic Levitation, Magnet Permanen |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Electronic Engineering > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Pustaka Teknik Elektro |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 08:32 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 08:32 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/20792 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |