PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI 2D PADA MATA KULIAH ETIKA PROFESI MATERI ETIKA KEPEMIMPINAN

Damanik, Marudut Dearman (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI 2D PADA MATA KULIAH ETIKA PROFESI MATERI ETIKA KEPEMIMPINAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis animasi 2D sebagai alat bantu dalam menyampaikan materi Etika Kepemimpinan pada mata kuliah Etika Profesi. Metode yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari enam tahapan: konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Validasi kelayakan dilakukan oleh ahli materi dan ahli media dengan hasil masing-masing sebesar 92% (sangat layak) dan 72% (layak). Untuk menguji efektivitas media, dilakukan pretest dan posttest terhadap 30 mahasiswa Program Studi Teknik Komputer. Hasil analisis menggunakan Paired Samples T-Test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara nilai pretest dan posttest, dengan nilai rata-rata meningkat dari 38,00 menjadi 88,00 dan signifikansi < 0,001. Analisis effect size menghasilkan nilai Cohen’s d sebesar -3.598 dan Hedges’ g sebesar -3.551, yang menunjukkan bahwa media ini memberikan dampak sangat besar terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran animasi 2D yang dikembangkan dalam penelitian ini layak digunakan, efektif secara statistik, dan mampu meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi Etika Kepemimpinan secara signifikan dan merata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, animasi 2D, etika profesi, etika kepemimpinan, efektivitas, MDLC
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Digital Multimedia Information Technology > Journal
Depositing User: Pustaka Teknik Komputer
Date Deposited: 14 Oct 2025 04:34
Last Modified: 14 Oct 2025 04:34
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/20902

Actions (login required)

View Item View Item