Mahardika, Sobri (2025) ANALISIS KERUSAKAN PADA MESIN BUBUT KONVENSIONAL DENGAN METODE FAILURE MODE EFFECT ANALYSIS (FMEA) DAN FAULT TREE ANALYSIS (FTA) DI BENGKEL BUBUT JURNADI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version Download (890kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (12kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
|
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (432kB) |
||
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (447kB) |
||
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kerusakan pada mesin bubut konvensional di Bengkel Bubut Jurnadi dengan menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Fault Tree Analysis (FTA). Permasalahan utama dalam kegiatan pemesinan adalah seringnya terjadi gangguan operasional akibat kerusakan komponen mesin, seperti patahnya mata pahat, berkurangnya oli gearbox, dan putusnya V-Belt. Dalam penelitian ini, metode FMEA digunakan untuk mengidentifikasi mode kegagalan, menganalisis tingkat keparahan (Severity), frekuensi kejadian (Occurrence), dan tingkat pendeteksian (Detection), yang kemudian dihitung untuk mendapatkan Risk Priority Number (RPN). Komponen dengan RPN tertinggi dianalisis lebih lanjut menggunakan metode FTA untuk mengetahui akar penyebab kerusakan. Hasil analisis menunjukkan bahwa tiga komponen kritis dengan nilai RPN di atas ambang batas adalah oli gearbox (RPN 168), mata pahat (RPN 96), dan V-Belt (RPN 90). FTA mengidentifikasi akar penyebab seperti umur seal yang telah habis, getaran berlebih pada mesin, serta kualitas oli yang menurun. Berdasarkan hasil analisis, disusun rekomendasi perawatan berupa penggantian rutin komponen kritis,pelatihan operator, serta penerapan SOP perawatan. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan keandalan mesin, mencegah kerusakan yang tidak terduga, dan meningkatkan produktivitas di bengkel bubut.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Mesin Bubut, FMEA, FTA, Kerusakan Mesin, Perawatan. |
| Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
| Divisions: | Mechanical Engineering > Undergraduate Theses |
| Depositing User: | Pustaka Teknik Mesin |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 08:11 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 08:11 |
| URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/21152 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
