APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN TINGKAT PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION PADA DINAS SOSIAL KOTA PALEMBANG

Monica, Serli (2025) APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN TINGKAT PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION PADA DINAS SOSIAL KOTA PALEMBANG. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Dinas Sosial Kota Palembang menghadapi tantangan dalam penanganan masalah sosial yang kompleks, diperparah oleh keterbatasan sumber daya dan metode penanganan pengaduan yang masih manual, yang seringkali menyebabkan respons lambat dan potensi kesalahan data. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem pendukung keputusan pengaduan masyarakat berbasis website menggunakan metode TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution) di Dinas Sosial Kota Palembang. Metode TOPSIS dipilih karena kemampuannya dalam menentukan prioritas berdasarkan kriteria yang terukur, sehingga memberikan solusi yang objektif dalam penentuan urgensi pengaduan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan pengaduan masyarakat melalui sistem yang lebih efisien, mempercepat proses penanganan keluhan, mengotomatisasi pengolahan data pengaduan secara akurat, dan membantu Dinas Sosial mengidentifikasi pola permasalahan sosial untuk intervensi yang lebih tepat sasaran. Selain itu, sistem ini juga akan mendorong partisipasi masyarakat yang lebih aktif dan menyediakan informasi terstruktur untuk mendukung pengambilan keputusan serta alokasi sumber daya yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Pengaduan Masyarakat, TOPSIS, Dinas Sosial, Website
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Informatics Management > Undergraduate Theses
Depositing User: Pustaka Manajemen Informatika
Date Deposited: 11 Nov 2025 03:14
Last Modified: 11 Nov 2025 03:14
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/21202

Actions (login required)

View Item View Item