Monica, Serli (2025) APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN TINGKAT PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION PADA DINAS SOSIAL KOTA PALEMBANG. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (185kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
||
|
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (360kB) |
||
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (584kB) |
||
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
||
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Dinas Sosial Kota Palembang menghadapi tantangan dalam penanganan masalah sosial yang kompleks, diperparah oleh keterbatasan sumber daya dan metode penanganan pengaduan yang masih manual, yang seringkali menyebabkan respons lambat dan potensi kesalahan data. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem pendukung keputusan pengaduan masyarakat berbasis website menggunakan metode TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution) di Dinas Sosial Kota Palembang. Metode TOPSIS dipilih karena kemampuannya dalam menentukan prioritas berdasarkan kriteria yang terukur, sehingga memberikan solusi yang objektif dalam penentuan urgensi pengaduan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan pengaduan masyarakat melalui sistem yang lebih efisien, mempercepat proses penanganan keluhan, mengotomatisasi pengolahan data pengaduan secara akurat, dan membantu Dinas Sosial mengidentifikasi pola permasalahan sosial untuk intervensi yang lebih tepat sasaran. Selain itu, sistem ini juga akan mendorong partisipasi masyarakat yang lebih aktif dan menyediakan informasi terstruktur untuk mendukung pengambilan keputusan serta alokasi sumber daya yang lebih efektif.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Pengaduan Masyarakat, TOPSIS, Dinas Sosial, Website |
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Informatics Management > Undergraduate Theses |
| Depositing User: | Pustaka Manajemen Informatika |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 03:14 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 03:14 |
| URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/21202 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
