IMPLEMENTASI ANIMASI 2D BERBASIS MOTION GRAPHIC SEBAGAI MEDIA EDUKASI TENTANG DAMPAK PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP ANAK-ANAK

Maulana, Adam (2025) IMPLEMENTASI ANIMASI 2D BERBASIS MOTION GRAPHIC SEBAGAI MEDIA EDUKASI TENTANG DAMPAK PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP ANAK-ANAK. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (772kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (751kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan handphone yang tidak terkontrol sejak usia dini telah menjadi perhatian serius karena dapat memengaruhi tumbuh kembang anak, baik dari aspek kognitif, sosial, maupun emosional. Untuk menjawab tantangan ini, diperlukan media edukatif yang mampu menyampaikan pesan secara efektif kepada orang tua dan masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan animasi 2D berbasis motion graphic sebagai media edukasi mengenai dampak penggunaan handphone terhadap anak-anak usia 4–7 tahun. Proses pengembangan dilakukan melalui tahapan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang meliputi konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, hingga distribusi. Hasil akhir berupa video edukatif berdurasi ±3 menit yang berisi narasi, ilustrasi, dan visualisasi dampak serta solusi penggunaan handphone pada anak. Pengujian dilakukan terhadap ahli media dan masyarakat sebagai target audiens, dengan menggunakan skala Likert untuk mengetahui efektivitas penyampaian pesan. Berdasarkan hasil analisis data kuesioner, media edukasi ini dinilai layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan kesadaran orang tua akan pentingnya pendampingan digital terhadap anak-anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Motion Graphic, Animasi 2d, Media Edukasi, Handphone, Anak usia dini, MDLC
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Computer Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Pustaka Teknik Komputer
Date Deposited: 16 Dec 2025 07:54
Last Modified: 16 Dec 2025 07:54
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/21595

Actions (login required)

View Item View Item