PROSEDUR PENANGANAN KELUHAN PELANGGAN PADA BAGIAN CUSTOMER CARE PT SEMEN BATURAJA (PERSERO) PALEMBANG

Putri, Widi Ariani (2020) PROSEDUR PENANGANAN KELUHAN PELANGGAN PADA BAGIAN CUSTOMER CARE PT SEMEN BATURAJA (PERSERO) PALEMBANG. Other thesis, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.

[img] Text
1. COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (760kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (160kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)

Abstract

Laporan Akhir Ini berjudul “Prosedur Penanganan Keluhan Pelanggan pada bagian Customer Care PT Semen Baturaja (PERSERO) Palembang. Laporan Akhir ini bertujuan untuk mengetahui apakah Prosedur Penanganan Keluhan Pelanggan yang dilakukan oleh bagian Customer Care dan bagaimana cara menanganinya. Data pada penelitian ini diperoleh melalui wawancara pada karyawan yang bersangkutan mengenai tata cara prosedur penanganan keluhan pelanggan dari PT Semen Baturaja (PERSERO) Palembang. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis Kualitatif. Implementasi prosedur penanganan keluhan pelanggan di PT Semen Baturaja (PERSERO) Palembang yaitu, mencatat keluhan pada daftar pelanggan, mencari penyebab keterlambatan dan menginformasikan penyebab ke pelanggan, meninjau tempat terjadinya keluhan, membuat berita acara peninjauan keluhan, menanyakan kesalahan pelanggan/perusahaan, memberikan saran perbaikan, mengecek kantong semen pecah, menerbitkan WO permintaan kantong kosong, membuat berita acara serah terima penggantian kantong pecah, menyerahkan penggantian kantong kosong dan selesai. Lalu, penarikan semen kurang ke pabrik, menimbang semen, membuat berita acara penerimaan semen, membuat berita acara penggantian semen, menerbitkan Nota Dinas penggantian semen, merekap kembali data laporan keluhan pelanggan di Microsoft Excel, dan terakhir melakukan permintaan kepuasan pelanggan.Saran yang dapat penulis berikan yaitu PT Semen Baturaja (PERSERO) Palembang harus lebih meningkatkan lagi pengawasan yang ketat terhadap kualitas produk agar tidak terjadi permasalahan dalam pengiriman barang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Prosedur Penanganan Keluhan Pelanggan, Customer Care.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Business Management > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 30 Aug 2021 01:12
Last Modified: 30 Aug 2021 01:13
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/8811

Actions (login required)

View Item View Item