PERENCANAAN JEMBATAN BETON PRATEGANG LUBUK ALANG 1 DAN 2 LAHAT SUMATERA SELATAN

PRATAMA, MEYZAR HIDAYAT and MAULANA, GEMILANG (2020) PERENCANAAN JEMBATAN BETON PRATEGANG LUBUK ALANG 1 DAN 2 LAHAT SUMATERA SELATAN. Other thesis, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.

[img] Text
Cover, Halaman Pengesahan, Abstrak, Kata Pengantar, Motto, Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar.pdf

Download (295kB)
[img] Text
Cover, Halaman Pengesahan, Abstrak, Kata Pengantar, Motto, Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB 1 Jembatan Lubuk Alang 1 & 2.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB 2 Jembatan Lubuk Alang 1 & 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3 Jembatan Lubuk Alang 1 & 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB 4 Jembatan Lubuk Alang 1 & 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 Jembatan Lubuk Alang 1 & 2.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA LUBUK ALANG 1 & 2.pdf

Download (30kB)

Abstract

Jembatan Lubuk Alang 1 & 2merupakan jembatan duplikasi dan gabungan antara jembatan Lubuk Alang I dan jembatan Lubuk Alang 2 yang sedang dalam proses pembangunan yang terletak pada ruas jalan lintaspenghubung III Lahat – Pagar Alam – Tanjung Sakti – Batas Provinsi Bengkulu, tepatnya pada Km. 331+890 (Plg).Tujuan Pembangunan jembatan terserbut dikarenakanKondisi jembatan lama sangat tidak memadai, jembatan hanya memiliki satu lajur sehingga tidak sesuai dengan standar jalan nasional saat ini dan Lebih memudahkan kelancaran hubungan arus lalu lintas pada ruas jalan Tapan – Batas Jambi, sehingga diharapkan dapat menekan biaya operasional kendaraan dan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Jembatan lama masing – masing memiliki panjang 7,6 m dan lebar 3,20 m lalu digabung serta di desain menjadi jembatan beton prategang dengan bentang 35,8 m, lebar jalan 7,6 m dan memiliki gelagar memanjang 5 buah dengan jarak antar gelagar 1,85 m. Struktur utama dari jembatan ini berupa Balok Prategang tipeI (PCI), dengan metode pasca tarik dan mutu beton 50 Mpa. Untuk pelat lantai menggunakan konstruksi beton bertulang dengan metode insitu, sehingga akan terjadi aksi komposit antar balok pracetak dan pelat cor ditempat. Bangunan abutmentjembatan ini juga menggunakan metode insitu (cor ditempat). Berdasarkan hasil pengujian Sondir tanah keras berada pada kedalaman 30 meter. Letak tanah keras yang relatif dalam maka digunakan pondasi tiang pancang dengan daya dukung memanfaatkan tegangan tanah dibawahnya dan tegangan geser disekitar selimut pondasi tiang pancang. Perencanaan jembatan ini mengacu pada RSI T-02-2005 (Peraturan Pembebanan untuk Jembatan), RSNI T-03-2004 (Perencanaan Struktur Beton untuk Jembatan), SNI 2833:2016 (Perencanaan Jembatan terhadap Beban Gempa). Selain itu perencanaan jembatan ini juga mengambil beberapa sumber pustaka sebagai bahan referansi. Dari hasil perhitungan A1 (Abutment 1) sampai A2 (Abutment 2) Jembatan Lubuk Alang 1 dan 2ini membutuhan biaya sebesar Rp.6.269.396.498,00 dengan waktu pembangunan 240 hari kerja.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Transportasi, Jembatan, Beton Prategang
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Civil Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 17 Sep 2021 01:43
Last Modified: 17 Sep 2021 01:44
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/9618

Actions (login required)

View Item View Item