STUDI KARAKTERISTIK MARSHALL PADA ASPAL DENGAN MODIFIKATOR LATEKS TERHADAP KINERJA BETON LAPISAN WEARING COURSE

WIBISONO, M WISNU and UTAMI, WINDA FEBRI (2020) STUDI KARAKTERISTIK MARSHALL PADA ASPAL DENGAN MODIFIKATOR LATEKS TERHADAP KINERJA BETON LAPISAN WEARING COURSE. Other thesis, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.

[img] Text
FILE I COVER, PENGESAHAN, DLL..pdf

Download (322kB)
[img] Text
FILE II BAB 1.pdf

Download (89kB)
[img] Text
FILE III BAB 2.pdf

Download (589kB)
[img] Text
FILE IV BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (838kB)
[img] Text
FILE V BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)
[img] Text
FILE VI BAB 5.pdf

Download (150kB)
[img] Text
FILE VII DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)

Abstract

Beton aspal (asphalt concrete) merupakan salah satu jenis dari lapis perkerasan konstruksi perkerasan lentur (flexible pavement). Campuran beton aspal tersebut terdiri atas agregat kasar, agregar halus, filler dan menggunakan aspal sebagai bahan pegikat. Ketersediaan aspal, yang pada umumnya berasal dari proses destilasi minyak bumi semakin lama semakin menipis jumlahnya, seiring dengan semakin sedikitnya ketersediaan minyak mentah (crude oil) yang terkandung didalam perut bumi. Permasalahan di atas akhirnya membuka pikiran banyak pihak untuk mengembangkan aspal modifikasi (polymer modified asphalt), yaitu dengan cara menambah dengan bahan aditive atau mensubstitusi sebagian dari jumlah aspal dengan bahan polymer dengan tujuan untuk menghemat penggunaan aspal tanpa mengurangi kualitas namun justru diharapkan dapat meningkatkan kinerjanya. Salah satu bahan yang dapat digunakan adalah elastomer alami, yaitu karet alam dalam bentuk lateks atau getah karet. Penggunaan substitusi lateks terhadap beton aspal diharapkan dapat menghasilkan suatu alternatif baru dalam meningkatkan kinerja perkerasan jalan dan dapat menjadi solusi bagi struktur perkerasan jalan dalam menerima beban berat dari kendaraan, tahan terhadap perubahan kondisi alam, sehingga diharapkan konstruksi jalan bisa bertahan lama. Dari variasi pesentase ditunjukkan pada campuran dengan kadar aspal 6% dan lateks 4% yang memiliki stabilitas 1237,60 Kg, VIM 15,90%, Flow 4,26 mm, MQ 321,54Kg/mm dan layak untuk digunakan sebagai bahan subtitusi aspal pada lapisan wearing course.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Substitusi, Aspal, Lateks, Marshall
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Civil Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 17 Sep 2021 01:47
Last Modified: 17 Sep 2021 01:47
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/9626

Actions (login required)

View Item View Item