RANCANG BANGUN ALAT PENGOLAHAN LIMBAH OLI BEKAS MENJADI BAHAN BAKAR CAIR DIESEL DENGAN PERLAKUAN PANAS

Pratomo, Yudi (2020) RANCANG BANGUN ALAT PENGOLAHAN LIMBAH OLI BEKAS MENJADI BAHAN BAKAR CAIR DIESEL DENGAN PERLAKUAN PANAS. Other thesis, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.

[img]
Preview
Text (Cover)
File 1.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
File 2.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
File 3 .pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text (BAB III METODOLOGI)
File 4 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
File 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
File 6.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File 7.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

Oli bekas merupakan golongan limbah B3. Dengan jumlah yang banyak setiap harinya sangat baik jika dapat diolah menjadi bahan yang dapat digunakan. Tugas Akhir ini bertujuan untuk membuat alat mengolah limbah oli bekas menjadi bahan bakar cair dengan menggunakan perlakuan panas atau metode pirolisis. Metode pirolisis dilakukan pemanasan dengan sedikit oksigen atau reagen lainnya dimana material mentah akan mengalami pemecahan struktur kimia menjadi fase gas. Pengujian dilakukan agar dapat mengetahui kinerja alat tersebut untuk mendapatkan jumlah bahan bakar cair yang dihasilkan beserta karakteristiknya. Pada penelitian ini limbah oli bekas akan dipanaskan dari suhu 30 ᵒC hingga suhu maksimal 350 ᵒC dengan rentang waktu hingga bahan oli bekas habis. Bahan bakar cair yang dihasilkanakan di uji untuk mengetahui karakteristiknya. Pada pengujian kinerja alat didapat suhu penguapan bahan bakar adalah 270 ᵒC dan suhu maksimal hingga 345 ᵒC selama 106 menit. Hasil Bahan bakar cair terdiri dari 2 jenis yaitu bahan bakar A sebanyak 1.3 liter dan bahan bakar B sebanyak 1.7 liter. Bahan Bakar A digunakan dalam pengujian karakteristik karena lebih mudah terbakar dibandingkan bahan bakar B. Bahan bakar A memiliki nilai karakteristik yang berbeda dengan bahan bakar diesel lainnya perbedaan terdapat pada nilai kadar air dan titik nyala. Kadar air yang dimiliki bahan bakar A sangat jauh melebihi batas standar pertamina yang berada pada angka dibawah 1% sedangkan bahan bakar A memiliki kadar air yang tinggi yaitu 20,5632 %. Untuk titik nyala bahan bakar A jauh lebih rendah dari bahan bakar lainnya yaitu 34,3°C.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Oli bekas, pirolisis, bahan bakar diesel.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Mechanical Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 05 Oct 2021 07:48
Last Modified: 05 Oct 2021 07:48
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/9968

Actions (login required)

View Item View Item