ANALISA KINERJA RELAI DIFERENSIAL PADA TRANSFORMATOR DAYA 30 MVA#2 DI GI BUKIT SIGUNTANG PALEMBANG DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE ETAP 12.6.0

Monita, Erma (2020) ANALISA KINERJA RELAI DIFERENSIAL PADA TRANSFORMATOR DAYA 30 MVA#2 DI GI BUKIT SIGUNTANG PALEMBANG DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE ETAP 12.6.0. Other thesis, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengoperasian transformator tenaga yang handal sangat diperlukan untuk menjaga kualitas sistem tenaga listrik. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem proteksi, dimana sistem proteksi ini berfungsi agar kinerja transformator tenaga tetap optimal, salah satu sistem proteksi yang ada dalam trafo tenaga adalah relai diferensial. Tugas rele diferensial ini untuk menjaga kestabilan antar trafo arus (CT) pada sisi primer dan sisi sekunder dimana untuk menjaga dari gangguan-gangguan internal maupun eksternal. Untuk mensimulasikan kinerja relai diferensial, maka diperlukannya software ETAP 12.6.0 untuk mengetahui koordinasi relai yang akan bekerja sesuai daerah pengamannya. Arus ratting pada sisi tegangan 70 kV sebesar 272,14 A dan pada sisi tegangan 20 kV sebesar 952,6 A. Hasil perhitungan arus rating digunakan sebagai pertimbangan nilai rasio yang ada di pasaran dan yang terpasang pada GI Bukit Siguntang, pada sisi trafo tegangan tinggi sebesar 300:5 A dan sisi tegangan rendah sebesar 1000:5 A sehingga diharapkan sistem proteksi transformator tenaga dapat bekerja dengan optimal.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Trafo Tenaga, Sistem Proteksi, Relai Diferensial, Setting Relai Diferensial
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Electrical Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 07 Oct 2021 07:01
Last Modified: 07 Oct 2021 07:01
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/10082

Actions (login required)

View Item View Item