ANALISIS QUALITY OF SERVICE VIDEO STREAMING YOUTUBE DAN RELIABILITY, MAINTAINABILITY, AVAILABILITY WIRELESS LOCAL AREA NETWORK POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA

Sholihatun, - (2020) ANALISIS QUALITY OF SERVICE VIDEO STREAMING YOUTUBE DAN RELIABILITY, MAINTAINABILITY, AVAILABILITY WIRELESS LOCAL AREA NETWORK POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA. Other thesis, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Politeknik Negeri Sriwijaya merupakan salah satu instansi pendidikan yang menyediakan wireless hotspot di setiap gedung kuliah. Dengan adanya keaneragaman kegiatan IT (Information Technology) di kampus tidak menampik kemungkinan ada mahasiswa melakukan streaming youtube dan untuk mengetahui kualitas layanan video streaming youtube dan kinerja dari suatu perangkat jaringan dalam melakukan fungsinya dilakukan analisis Quality of Service (QoS) (Quality of Servie) dan RMA (Reliability, Maintainability, and Availability) pada Wireless LAN Politeknik Negeri Sriwijaya. Penelitian ini menggunakan metode Action Research. Untuk pengukuran QoS menggunakan software Wireshark dan Axence netTools sedangkan untuk mengetahui kinerja dari sebuah jaringan menggunakan software PRTG (Paessler Router Traffic Grapher). Hasil pengukuran terbesar bandwidth maksimal yaitu 21,639,256 bit/s di Jurusan Adminstrasi Bisnis, untuk nilai delay dan jitter tertinggi yaitu 36 ms dan 0,050 ms di gedung KPA (Kantor Pusat Administrasi). Hasil packet loss terbesar yaitu 0,093% pada Jurusan Teknik Elektro, untuk troughput terbesar yaitu 1,681 Mbit/s pada kualitas video 1080HD pada Jurusan Akuntansi. Monitoring RMA bertujuan untuk mengetahui kinerja dari suatu jaringan internet dengan hasil Availability diatas 97% hal ini dikategorikan dalam kondisi yang baik. Dapat disimpulkan hasil pengukuran QoS berdasarkan versi TIPHON hasilnya dikategorikan sangat bagus dan untuk hasil monitoring RMA memiliki hasil kinerja jaringan yang baik juga.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Streaming Youtube, Parameter QoS, wireshark, RMA
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Telecommunication Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 08 Oct 2021 07:35
Last Modified: 08 Oct 2021 07:35
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/10136

Actions (login required)

View Item View Item