ANALISISQOS VIDEO DAN AUDIO STREAMING MENGGUNAKAN PROTOKOL RTSP (REAL TIME STREAMING PROTOCOL) DAN RTMP (REAL TIME MESSAGING PROTOCOL)

Hasana, Nur (2020) ANALISISQOS VIDEO DAN AUDIO STREAMING MENGGUNAKAN PROTOKOL RTSP (REAL TIME STREAMING PROTOCOL) DAN RTMP (REAL TIME MESSAGING PROTOCOL). Other thesis, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggunaan internet memberikan banyak keuntungan bagi kehidupan kita dan memudahkan manusia dalam menjalankan aktifitas sehari-hari, seperti berkomunikasi antar keluarga, teman, guru/dosen dan perkantoran. Saat pandemi corona ini terjadi, manusia diharuskan tetap berada di dalam rumah guna memutuskan rantai dari virus yang berbahaya ini. Penggunaan aplikasi seperti Twitch, Zoom, Spotify, Anchor dan aplikasi streaming lainnya dapat digunakan dalam membantu proses kegiatan work from home, study from home dan sebagainya. Namun, hal ini menyebabkan kualitas video dan audio yang didapatkan kurang memuaskan seperti terjadinya buffering, video yang blur dan audio yang kurang jelas terlebih lagi apabila proses tersebut dilakukan secara bersama dengan penggunaan jaringan internet yang sama. Penelitian ini melakukan analisis mengenai Quality of Service video dan audio streaming dengan protokol RTSP (Real Time Streaming Protocol) dan protokol RTMP (Real Time Messaging Protocol) guna melihat pada layanan apa protokol RTMP paling baik digunakan. Penelitian dilakukan dengan parameter pengukuran berupa packet loss, jitter, troughtput, dan delay. Pengujian dilakukan menggunakan software Axence NetTools dan Colasoft Capsa 11. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu pada layanan video streaming menggunakan aplikasi twitch protokol RTMP paling baik digunakan karena nilai throughtput yang dihasilkan adalah nilai yang paling besar yaitu sebesar 1.818,76 kbps dengan packet loss 0% dan dengan nilai delay dan jitter yang paling rendah yaitu sebesar 4,2 ms.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: QoS, Video, Audio, RTMP, RTSP
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Telecommunication Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 08 Oct 2021 07:49
Last Modified: 08 Oct 2021 07:50
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/10142

Actions (login required)

View Item View Item