ANALISA PERBANDINGAN QUALITY OF SERVICE (QOS) DAN PENGKLASIFIKASIAN STATUS LAYANAN INTERNET MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES PADA METODE HIERARCHICAL TOKEN BUCKET (HTB) DAN METODE PEER CONNECTION QUEUE (PCQ)

Aulia, Annisa Fitri (2020) ANALISA PERBANDINGAN QUALITY OF SERVICE (QOS) DAN PENGKLASIFIKASIAN STATUS LAYANAN INTERNET MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES PADA METODE HIERARCHICAL TOKEN BUCKET (HTB) DAN METODE PEER CONNECTION QUEUE (PCQ). Other thesis, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada perkembangan teknologi yang semakin maju, penggunaan internet secara masal mengakibatkan menurunnya performansi jaringan seiring dengan bertambahnya pengguna jaringan.Cara yang dapat ditempuh untuk mengurangi penurunan performansi jaringan yaitu dengan melakukan manajemen bandwidth. Manajemen bandwidth sangat penting dalam pengaturan alokasi bandwidth yang akan diberikan kepada user untuk menghindari perebutan alokasi bandwidth yang ada dijaringan. Mikrotik memiliki QoS yang digunakan untuk mengatur penggunaan bandwidth secararasional dan efektif. Penelitian ini memberikan perbandingan pembagian bandwidth dengan dua metode yang berbeda dan melakukan pengklasifikasian status layanan internet menggunakan algoritma Naïve Bayes.Metode manajemen bandwidthyang digunakan adalah Peer Connection Queue (PCQ) dan Hierarchical Token Bucket (HTB).PCQ pada queue type adalah salah satu fitur dari MikroTik untuk membantu memanage traffic rate dan traffic packet.Hiearachical Token Bucket (HTB) merupakan jenis aplikasi yang digunakan untuk membatasi akses menuju ke port/IP tertentu tanpa mengganggu trafik bandwidth pengguna lain. Hasil yang didapatkan adalah dapat dilihat bahwa kualitas jaringan dengan menggunakan metode antrian HTB (Hierarchical Token Bucket) lebih optimal, di bandingkan dengan metode PCQ (Peer Connection Queue) hal ini dikarenakan semua client akan mendapatkan kuota bandwidth sesuai dengan rule yang diterapkan pada bandwidthmanagement.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: QoS, Naive Bayes, HTB, PCQ
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Telecommunication Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 15 Oct 2021 00:52
Last Modified: 15 Oct 2021 00:52
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/10289

Actions (login required)

View Item View Item