PEMBUATAN SABUN PADAT DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK DAUN SIRIH HIJAU (Piper betle L.) DAN EKSTRAK SERAI WANGI (Cymbopogon Nardus L. Rendle) SEBAGAI ANTIOKSIDAN

INDRIANI, - (2021) PEMBUATAN SABUN PADAT DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK DAUN SIRIH HIJAU (Piper betle L.) DAN EKSTRAK SERAI WANGI (Cymbopogon Nardus L. Rendle) SEBAGAI ANTIOKSIDAN. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Semakin langkanya sabun yang menggunakan antioksidan menyebabkan mahalnya harga sabun yang terdapat kandungan antioksidan di dalamnya. Untuk mengatasi masalah tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya alam yang sudah ada seperti menggunakan daun sirih hijau dan serai wangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat dari daun sirih hijau dan serai wangi serta menghasilkan sabun padat antioksidan alami. Metode yang digunakan yaitu dengan memvariasikan minyak, ekstrak daun sirih hijau dan serai wangi. Analisis produk meliputi pH, kadar air, alkali bebas, asam lemak bebas, minyak mineral, uji bakteri dan uji organoleptik. Produk sabun padat antioksidan alami yang dihasilkan dari campuran minyak kelapa sawit, minyak VCO dan minyak zaitun dengan perbandingan 1:2:2 pada penambahan ekstrak daun sirih hijau dan serai wangi dengan perbandingan (0:2,5) gr dan (2,5:0) gr memiliki hasil yang paling bagus dan sesuai dengan standar SNI 1994.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Antioksidan, Daun Sirih Hijau, Sabun, Serai Wangi.
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Chemical Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 10 Oct 2022 02:31
Last Modified: 10 Oct 2022 02:31
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/10457

Actions (login required)

View Item View Item