PERANCANGAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN KAKU JALAN SOEKARNO-HATTA STA 0+000-STA 8+325 KOTA PALEMBANG PROVINSI SUMATERA SELATAN

Alfarisi, Muhammad Gilang and Alfani, Roykhan (2021) PERANCANGAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN KAKU JALAN SOEKARNO-HATTA STA 0+000-STA 8+325 KOTA PALEMBANG PROVINSI SUMATERA SELATAN. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Pembangunan jalan merupakan kebutuhan yang sangat penting sebagai pendukung utama aktivitas ekonomi baik di pusat maupun di daerah. Salah satunya adalah daerah Kota Palembang karena daerah ini adalah kawasan yang potensial untuk agrobisnis dan agroindustri. Didalam pembuatan Skripsi ini, penulis ingin mengetahui bagaimana perencanaan yang baik dalam merencanakan desain geometrik dan tebal perkerasan pada Jalan Soekarno-Hatta STA 0+000–STA 8+325, sehingga jalan yang akan dilalui dapat memberikan rasa aman, nyaman, dan ekonomis bagi pengguna jalan. Didalam merencanakan desain geometrik jalan raya, hal-hal yang menjadi acuan dalam perencanaan meliputi perhitungan alinyemen horizontal, alinyemen vertikal, serta menetapkan perkerasan apa yang akan digunakan. Dari hasil perhitungan-perhitungan diatas maka Jalan Soekarno-Hatta ini merupakan jalan Arteri kelas I dengan kecepatan rencana jalan 80 km/jam, dan pada jalan ini menggunakan 5 buah tikungan diantaranya, 4 Full Circle, dan 1 Spiral Circle Spiral. Lapisan permukaan jalan menggunakan Perkerasan Rigid dengan tebal lapisan 30,5 cm, sedangkan lapisan pondasi bawah menggunakan Lean Concrete dengan tebal 10 cm dan Aggregat Kelas A dengan tebal lapisan 15 cm. Pembangunan ruas jalan ini dilaksanakan dalam waktu 206 hari kerja dengan total dana Rp. 221.852.379.000,00,- (Dua Ratus Dua Puluh Satu Milyar Delapan Ratus Lima Puluh Dua Juta Tiga Ratus Tujuh Puluh Sembilan Ribu Rupiah)

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Jalan, Desain Geometrik, Tebal perkerasan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Civil Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 17 Jan 2023 07:49
Last Modified: 17 Jan 2023 07:49
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/11709

Actions (login required)

View Item View Item