Ahdi, Muhammad Aufa and Qalbi, Radean Dharma and Septian, Rizki (2021) STUDI KARAKTERISTIK MARSHALL PADA ASPAL DENGAN PERBANDINGAN LATEKS PADA LAPISAN WEARING COURSE. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text
Cover.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
Bab 1.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB 2.pdf Download (608kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
BAB 3-.pdf Restricted to Repository staff only Download (616kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV HASIL PENGUJIAN DAN PEMBAHASAN)
Bab 4-.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB 5-.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka-.pdf Download (14kB) | Preview |
Abstract
Beton aspal merupakan salah satu jenis perkerasan konstruksi perkerasan lentur. Campuran beton aspal terdiri dari agregat kasar, agregat halus dengan aspal sebagai pengikatnya. Ketersediaan bitumen biasanya berasal dari proses penyulingan minyak bumi, namun jumlahnya semakin hari semakin menipis, dan ketersediaan minyak mentah yang terkandung di dalam perut bumi juga semakin berkurang. Permasalahan di atas akhirnya membuka ide pengembangan aspal modifikasi (polymer-modified asphalt) dengan menambahkan bahan adiktif atau mengganti sebagian aspal dengan bahan polimer untuk mencapai tujuan penghematan aspal tanpa mengurangi kualitas. Diharapkan dapat meningkatkan kinerja. Salah satu bahan yang dapat digunakan adalah elastomer alam yaitu karet alam berupa lateks atau karet lateks. Penggunaan lateks sebagai pengganti aspal beton diharapkan dapat menjadi alternatif baru untuk meningkatkan kinerja perkerasan jalan, serta dapat menjadi solusi struktur perkerasan jalan untuk menahan beban kendaraan yang berat dan menahan perubahan kondisi alam, sehingga diharapkan konstruksi jalan dapat bertahan lama. untuk waktu yang lama. Hasil dari pengujian ini diperoleh kadar aspal optimum sebesar 6,5%. Dengan kadar aspal optimum 6,5% diperoleh nilai VIM : 3,513%, VMA : 15,090% VFA :74,223, Stabilitas : 1658,032, Flow : 3,531 Marshall Quontient : 469,564 . Semua nilai karakteristik campuran nilai AC-WC pada kadar aspal 6,5% memenuhi persyaratan speksifikasi teknik 2010.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: beton aspal, substitusi lateks, karakteristik marshall |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Civil Engineering > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Mr Bambang Anthony |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 07:50 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 07:50 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/11716 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |