STUDI KARAKTERISTIK MARSHALL PADA ASPAL DENGAN PERBANDINGAN LATEKS PADA LAPISAN WEARING COURSE

Ahdi, Muhammad Aufa and Qalbi, Radean Dharma and Septian, Rizki (2021) STUDI KARAKTERISTIK MARSHALL PADA ASPAL DENGAN PERBANDINGAN LATEKS PADA LAPISAN WEARING COURSE. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
Bab 1.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB 2.pdf

Download (608kB) | Preview
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
BAB 3-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL PENGUJIAN DAN PEMBAHASAN)
Bab 4-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB 5-.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka-.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Beton aspal merupakan salah satu jenis perkerasan konstruksi perkerasan lentur. Campuran beton aspal terdiri dari agregat kasar, agregat halus dengan aspal sebagai pengikatnya. Ketersediaan bitumen biasanya berasal dari proses penyulingan minyak bumi, namun jumlahnya semakin hari semakin menipis, dan ketersediaan minyak mentah yang terkandung di dalam perut bumi juga semakin berkurang. Permasalahan di atas akhirnya membuka ide pengembangan aspal modifikasi (polymer-modified asphalt) dengan menambahkan bahan adiktif atau mengganti sebagian aspal dengan bahan polimer untuk mencapai tujuan penghematan aspal tanpa mengurangi kualitas. Diharapkan dapat meningkatkan kinerja. Salah satu bahan yang dapat digunakan adalah elastomer alam yaitu karet alam berupa lateks atau karet lateks. Penggunaan lateks sebagai pengganti aspal beton diharapkan dapat menjadi alternatif baru untuk meningkatkan kinerja perkerasan jalan, serta dapat menjadi solusi struktur perkerasan jalan untuk menahan beban kendaraan yang berat dan menahan perubahan kondisi alam, sehingga diharapkan konstruksi jalan dapat bertahan lama. untuk waktu yang lama. Hasil dari pengujian ini diperoleh kadar aspal optimum sebesar 6,5%. Dengan kadar aspal optimum 6,5% diperoleh nilai VIM : 3,513%, VMA : 15,090% VFA :74,223, Stabilitas : 1658,032, Flow : 3,531 Marshall Quontient : 469,564 . Semua nilai karakteristik campuran nilai AC-WC pada kadar aspal 6,5% memenuhi persyaratan speksifikasi teknik 2010.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: beton aspal, substitusi lateks, karakteristik marshall
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Civil Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 17 Jan 2023 07:50
Last Modified: 17 Jan 2023 07:50
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/11716

Actions (login required)

View Item View Item