PERANCANGAN JEMBATAN I GIRDER DAN TRUSS DENGAN SISTEM KOMPOSIT BENTANG 110 METER KABUPATEN LAHAT SUMATERA SELATAN

Nurcahaya, - and Shapiyah, Sara (2021) PERANCANGAN JEMBATAN I GIRDER DAN TRUSS DENGAN SISTEM KOMPOSIT BENTANG 110 METER KABUPATEN LAHAT SUMATERA SELATAN. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text
Cover dan Daftar Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II LANDASAN TEORI)
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB III PERHITUNGAN KONSTRUKSI)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV MANAJEMEN PROYEK)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
Bab V.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Pembangunan jembatan I girder dan truss dengan sistem komposit bentang 110 meter kabupaten Lahat Sumatera Selatan ini dibangun karena keperluan tambang, yaitu sebagai alternatif jalan penghubung untuk membawa batubara hasil pertambangan ke tempat penumpukan container yard. Di dalam merencanakan desain jembatan hal – hal yang menjadi acuan dalam perencanaan meliputi perhitungan bangunan atas jembatan berupa sandaran (concrete barrier), pelat lantai kendaraan, gelagar memanjang, gelagar melintang, shear connector, ikatan angin, rangka utama, elastomer dan lateral stop. Perhitungan bangunan bawah jembatan berupa pelat injak, dinding sayap, abutmen, pilar dan pondasi. Dari hasil perhitungan jembatan terdiri dari 3 segmen yaitu segmen pertama jembatan bentang 25 meter berupa balok I girder, segmen kedua jembatan bentang 60 meter berupa truss atau rangka baja, segmen ketiga jembatan bentang 25 meter berupa balok I girder. Pada tepi jembatan digunakan sandaran (conrete barrier), tebal lantai kendaraan 25 cm dengan balok I girder menggunakan gelagar memanjang profil baja WF 1400 x 400 x 20 x 25, gelagar melintang profil baja WF 800 x 400 x 20 x 25 sedangkan rangka baja menggunakan gelagar memanjang profil baja WF 400 x 200 x 8 x 13, gelagar melintang profil baja WF 800 x 400 x 20 x 25, ikatan angin menggunakan profil L 200 x 200 x 20 dan profil baja WF 200 x 200 x 12 x 1, rangka utama menggunakan profil WF 400 x 400 x 45 x 70, dimensi abutmen 6,6 meter x 9,1 meter dan tinggi 7,7 meter sedangkan dimensi pilar 9,1 m x 11,6 m dan tinggi 8,7 m. Pembangunan ini dilaksanakan dalam 186 hari (seratus delapan puluh enam hari ) dengan total dana Rp 30.244.800.000 (tiga puluh milyar dua ratus empat puluh empat juta delapan ratus ribu rupiah)

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Jembatan, Balok I Girder, Rangka Baja, Abutment, Pillar, foundation
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Civil Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 18 Jan 2023 03:12
Last Modified: 18 Jan 2023 03:12
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/11747

Actions (login required)

View Item View Item