NAWAWI, MUHAMAD FADILLAH and EVANI, NYAYU SAPHIRA (2021) PERENCANAAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN LENTUR PADA JALAN LINGKAR SIBORONG-BORONG BY PASS KABUPATEN TAPANULI PROVINSI SUMATERA UTARA STA 02+000 – STA 07+500. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text
Cover LA - Daftar Gambar LA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I selesai nian fixx.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB II selesai nian fixx.pdf Download (4MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB III PERHITUNGAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN)
BAB III selesai nian fixx.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV MANAJEMEN PROYEK)
bab iv selesai nian fixx.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V selesai nian fixx.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA fixx.pdf Download (7kB) | Preview |
Abstract
Hasil laporan penulisan akhir dengan judul yang diambil oleh penulis yaitu “ Perencanaan Geometrik dan Tebal Perkerasan Lentur Pada Jalan Lingkar Siborong-borong ByPass Kabupaten Tapanuli Provinsi Sumatera Utara STA 02+000 – STA 07+500 “. Mendapatkan desain geometrik jalan dalam layanan lalu lintas yang efektif, hemat, bebas dari bahaya, dan memenuhi standar yang sesuai dengan yang ditetapkan di P2JN adalah tujuan dari penulisan proyek akhir ini. Manfaat dari penulisan laporan ini ialah baik saya dan pembaca dapat memahami suatu perencanaan geometrik dan tebal perkerasan jalan yang nantinya akan menciptakan jalan yang sesuai dengan kondisi lalu lintas kini sampai masa yang akan datang dalam merencanakan desain geometrik jalan dapat direferensikan seperti angka pertumbuhan lalu lintas, penentuan titik koordinat jarak, sudut azimuth dan bearing, alinyemen horizontal dan vertikal, dan tebal perkerasan adalah tahapan dalam perencanaan design geomterik dan tebal perkerasan jalan. Setelah perencanaan diatas, dilakukan perhitungan lebih lanjut dengan perhitungan volume dan total pembiayaan dalam perencanaan anggaran pembiayaan. Berdasarkan data perhitungan yang didapat, jalantersebut dapat dimasukkan ke dalam jalan Kolektor dengan spesifikasi jalan Kelas II A, dengan batas kecepatan rencana jalan 50 km/jam. Pada desain jalan ini terdapat 8 buah tikungan dengan 3 buah tikungan Spiral-Circle-Spiral, 2 buah tikungan Full Circle, dan 3 buah tikungan Spiral-Spiral. Perkerasan jalan Siborong-Borong menggunakan jenis Perkerasan Lentur bedasarkan VolumeLHR yang ada, antara lain : Lapisan permukaan ( AC-WC ) menggunakan laston dengan tebal 40 mm, pada lapis antar AC-BC dengan tebal 60 mm, AC-BASE 145 mm,sedangkan Lapisan Pondasi Atas menggunakan Kelas A dengan tebal 300 mm dan Lapisan Bahu Jalan menggunakan Kelas S dengan tebal 120 mm. Dalam perencanaan jalan Siborong-Borong dengan panjang 5.504,132 m dibutuhkan waktu 296 hari dengan rincian biaya yang dibutuhkan sebesar Rp 74.239.897.161,347 ( Tujuh Puluh Empat Milyar Dua Ratus Tiga Puluh Sembilan Juta Delapan Ratus Sembilan Puluh Tujuh Ribu Seratus Enam Puluh Dua Rupiah ). Kata kunci : Perencanaan Geometri, Alinyemen, Tebal Perkerasan Lentur, dan Rencana Anggaran Biaya. KATA PENGANTAR Puji dan syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat-Nya kami sebagai penulis dapat menyelesaikan penulisan Laporan Akhir ini tepat pada waktunya. Laporan Akhir ini dibuat sebagai persyaratan untuk menyelesaikan Pendidikan Diploma III pada Jurusan Teknik Sipil Konsentrasi Transportasi Politeknik Negeri Sriwijaya. Adapun judul Laporan Akhir ini adalah “ Perencanaan Geometrik dan Tebal Perkerasan Lentur Pada Jalan Lingkar Siborong-Borong By Pass Kabupaten Tapanuli Provinsi Sumatera Utara STA 02+000 – STA 07+500 “. Dalam penyusunan Laporan Akhir ini, penulis banyak mendapat pengarahan, motivasi dan bimbingan serta bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu pada kesempatan ini kami sebagai penulis mengucapkan terima kasih kepada : 1. Bapak Dr. Ing. Ahmad Taqwa, M. T., Selaku Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya. 2. Bapak Ibrahim, ST., M. T. Selaku Ketua Jurusan Teknik Sipil. 3. Bapak Sukarman S. T. M. T Selaku Dosen Pembimbing I yang telah memberikan bimbingan dan pengarahan. 4. Bapak Drs. Revias., M. T Selaku Dosen Pembimbing II yang telah memberikan bimbingan dan pengarahan. 5. Bapak dan Ibu Dosen Jurusan Teknik Sipil yang telah mendidik, membimbing, dan mengarahkan penulis selama proses belajar mengajar. 6. Kepala Satker P2JN Sumatera Utara yang telah membantu kami dalam mengumpulkan data-data yang kami perlukan. 7. Keluarga besar kami yang telah memberi sumbangsi sangat banyak, sehingga kami dapat menuntaskan perjuangan ini. Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih dan berharap semoga Laporan Akhir ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Palembang, Juni
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perencanaan Geometri, Alinyemen, Tebal Perkerasan Lentur, dan Rencana Anggaran Biaya |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Civil Engineering > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Mr Bambang Anthony |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 01:44 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 01:44 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/11809 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |