ANALISA PENURUNAN ISOLASI MOTOR OLEH PENGARUH KELEMBABAN UDARA PADA MOTOR INDUKSI YANG BERBEBAN

PRANSISTO, ANDREAN (2022) ANALISA PENURUNAN ISOLASI MOTOR OLEH PENGARUH KELEMBABAN UDARA PADA MOTOR INDUKSI YANG BERBEBAN. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text
File 1 (Cover LA).pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
File 2 (LA bab 1).pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
File 3 (LA bab 2).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
File 4 (LA bab 3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (933kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV PEMBAHASAN)
File 5 (LA bab 4).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
File 6 (LA bab 5).pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File 7 (LA Daftar Pustaka).pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Kerusakan motor induksi merupakan masalah yang serius dalam dunia industri. Salah satu penyebab kerusakan tersebut ialah penurunan kualitas isolasi. Pembebanan terus-menerus dan faktor lingkungan seperti pengaruh kelembaban udara dapat mempengaruhi penurunan kualitas isolasi (deterioration). Meskipun isolasi dirancang mampu bertahan dari tekanan (stressed), namun tekanan berlebihan akan mempercepat penuaan isolasi. Hal ini menyebabkan kinerja motor menurun sehingga mengganggu proses produksi dan menambah biaya maintanace. Oleh karena itu, percepatan penuaan isolasi motor harus diantisipasi sedini mungkin. Pada penelitian ini, eksperimen percepatan penuaan isolasi motor induksi dilakukan dalam keadaan berbeban dengan pengaruh kelembaban udara. Metode yang digunakan untuk mengevaluasi kondisi motor adalah pengukuran tahanan isolasi (IR test ), polarization index (PI), continuity test, dan core loss test. PI digunakan untuk mengetahui nilai indek polarisasi dan tahanan belitan isolasi melalui empat arus searah yang terukur saat pengujian. Pengukuran LCR meters digunakan untuk mendeteksi resistansi yang timbul akibat pengaruh kelembaban didalam belitan stator. Sedangkan core loss test digunakan untuk mendeteksi kondisi inti stator dari motor apakah ada indikasi kerusakan atau tidak. Berdasarkan hasil pengujian, metode nilai PI mampu mendeteksi pada pengujian ke 3. Pengukuran isolasi belitan menggunakan LCR meters tidak mendeteksi resistansi secara signifikan. Sedangkan untuk hasil pengujian kehilangan inti, Stator inti motor tersebut dengan kondisi buruk tingkat pertama.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Percepatan Penuaan, Tahanan Isolasi, Kelembaban Udara Tinggi, Polarization Indeks (PI) , Pengukuran LCR meters, Core Loss Test.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Electrical Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr M. Tommy Trianda
Date Deposited: 26 Apr 2023 02:59
Last Modified: 26 Apr 2023 02:59
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/13345

Actions (login required)

View Item View Item