ANIMASI BLENDER 3 DIMENSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN MATEMATIKA UNTUK PENYANDANG TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA

HULJANNA, OKTA (2022) ANIMASI BLENDER 3 DIMENSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN MATEMATIKA UNTUK PENYANDANG TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text
COVER BENAR.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1 LA.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB 2 LA.pdf

Download (742kB) | Preview
[img] Text (BAB III PERANCANGAN)
BAB 3 LA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB 4 LA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (952kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB 5 LA.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA LA.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Pengembangan media pembelajaran animasi 3 dimensi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika untuk siswa penyandang Tunagrahita pada tingkat SD di Sekolah Luar Biasa “Tunagrahita Karya Ibu” mampu menjadi sumber belajar bagi siswa. Media pembelajaran animasi 3D dengan menggunakan alat yang berbentuk kacamata dapat menciptakan ilusi seolah animasi yang ditampilkan lebih tampak nyata yaitu Virtual Reality (VR). Alat ini juga dilengkapi dengan joystick yang berfungsi sebagai alat kontrol atau penggerak dari penggunaan Virtual Reality (VR). VR merupakan suatu output dari proses modelling dimana proses tersebut dilakukan di dalam software blender yang meliputi pengumpulan data, modelling, menganimasikan, serta menggunakan aplikasi Verge 3D untuk mengkonversi (coding) pemodelan 3D sehingga dapat dilihat di web browser yang berbasis Virtual Reality. Teknologi VR merupakan teknologi yang menggabungkan antara suatu objek nyata dengan objek virtual yang memiliki bentuk 3D secara real-time. Tujuan dari pembuatan animasi blender 3 dimensi pada pembelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika adalah untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus pada anak serta membantu proses belajar siswa di Sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Mata Pelajaran Matematika, Virtual Reality (VR), Blender, Verge 3D, Anak Tunagrahita
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Telecommunication Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr M. Tommy Trianda
Date Deposited: 02 May 2023 15:03
Last Modified: 02 May 2023 15:03
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/13459

Actions (login required)

View Item View Item