PERENCANAAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN LENTUR JALAN SUNGAI LILIN – BETUNG STA 70+350 – 75+075,15 PROVINSI SUMATERA SELATAN

Zuhdi, Muhammad Adib Dhiya and Ameizu, Ahmad Al-Faqah (2022) PERENCANAAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN LENTUR JALAN SUNGAI LILIN – BETUNG STA 70+350 – 75+075,15 PROVINSI SUMATERA SELATAN. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
Bab I.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II LANDASAN TEORI)
Bab II.pdf

Download (796kB) | Preview
[img] Text (BAB III PERHITUNGAN KONSTRUKSI)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV MANAJEMEN PROYEK)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Jalan memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan pertumbuhan baik lokal maupun nasional. Di dalam penulisan laporan akhir ini, penulis ingin mengetahui bagaimana metode perencanaan geometrik dan tebal perkerasan yang baik pada Jalan Sungai Lilin – Betung Provinsi Sumatera Selatan, sehingga jalan yang akan dilalui dapat memberikan rasa aman, nyaman, dan ekonomis bagi pengguna jalan. Dalam perencanaan jalan ini penulis mendesain perencanaan berdasarkan klasifikasi kelas jalan, beban lalu lintas, data tanah sebagai pendukung dan peta kontur. Di dalam merencanakan desain geometrik jalan raya, hal–hal yang menjadi acuan dalam perencanaan meliputi perhitungan alinyemen horizontal, alinyemen vertikal, kelas jalan, serta menetapan perkerasan apa yang digunakan. Dari hasil perhitungan-perhitungan maka Jalan Sungai Lilin – Betung Provinsi Sumatera Selatan ini merupakan jalan Arteri Kelas 1 dengan kecepatan rencana 80 km/jam, terdapat 4 lajur 2 arah dengan lebar jalan 2 x 7 m, dan lebar bahu jalan 2,5 m. Pada jalan ini menggunakan 9 buah tikungan diantaranya, 3 Spiral-Cicle-Spiral, 3 Full Circle dan 3 Spiral-Spiral. Lapis permukaan jalan menggunakan laston AC-WC dengan tebal 4 cm, AC-BC dengan tebal 6 cm, dan AC Base dengan tebal 12,5 cm. Untuk lapis pondasi atas mengunakan batu pecah kelas A dengan tebal 15 cm dan CTB dengan tebal 15 cm. Dan pembangunan ruas jalan ini dilaksanakan dalam waktu 108 hari kerja dengan total biaya pelaksanaan Rp. 127.935.700.000,00 (Seratus Dua Puluh Tujuh Miliar Sembilan Ratus Tiga Puluh Lima Juta Tujuh Ratus Ribu Rupiah).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Alinyemen Horizontal, Alinyemen Vertikal, Tebal Perkerasan, Biaya Pelaksanaan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Civil Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr M. Tommy Trianda
Date Deposited: 10 Jun 2023 01:58
Last Modified: 10 Jun 2023 01:58
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/13839

Actions (login required)

View Item View Item