PENGARUH CAMPURAN LATEKS SEBAGAI SUBTITUSI CAMPURAN ASPAL TERHADAP PERKERASAN LENTUR JALAN

RAHMAN, M.ALDI and NURRIZKI, AHMAD IBNU (2022) PENGARUH CAMPURAN LATEKS SEBAGAI SUBTITUSI CAMPURAN ASPAL TERHADAP PERKERASAN LENTUR JALAN. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
file 1.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
file 2.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
file 3.pdf

Download (605kB) | Preview
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
file 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL PENGUJIAN DAN PEMBAHASAN)
file 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
file 6.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
file 7.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lampiran)
file 8.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Beton aspal (asphalt concrete ) merupakan salah satu jenis dari lapis perkerasan konstruksi perkerasan lentur ( flexible pavement ). Campuran beton aspal tersebut terdiri dari atas agregat kasar, agregat halus, filler dan menggunakan aspal sebgai bahan pengikat. Ketersediaan aspal, yang pada umumnya berasal dari proses destilasi minyak bumi yang semakin lama bertambah nya waktu semakin berkurang akan jumlahnya, dan juga seiring dengan semakin sedikitny ketersedian minyak mentah ( crude oil ) yan terkandung didalam perut bumi. Permasalahan di atas akhirnya membuat banyak pihak melakukan pengembangan aspal modifikasi ( polymer modifed asphalt ), yaitu dengan cara menambah aspal tersebut dengan bahan aditive atau mensubtitusi sebagian dari jumlah aspal dengan bahan polymer dengan tujuan untuk menghemat penggunaan aspal tanpa mengurangi kualitas namun justru diharapkan dapat meningkatkan kinerjanya. Salah satu bahan yang dapat digunakan adalah elastomer alami, yaitu karet alam dalam bentuk lateks atau getah karet. Penggunaan subtitusi lateks terhadap beton aspal diharapkan dapat menghasilkan suatu alternatif baru dalam meningkatkan kinerja perkerasan jalan dan dapat menjadi solusi bagi struktur perkerasan jalan dalam menerima beban berat dari kendaraan thap terhadap perubahan kondisi alam, sehingga diharapkan konstruksi jalan bisa bertahan lama. Dari variasi pesentase ditunjukkan pada campuran dengan kadar aspal 6% dan lateks 4% yang memiliki stabilitas 1237,60Kg, VIM 15,90%, Flow 4,26 mm, MQ 321,54Kg/mm dan layak untuk digunakan sebagai bahan subtitusi aspal pada lapisan wearing course

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Subtitusi, Aspal, Lateks, Marshall
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Civil Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr M. Tommy Trianda
Date Deposited: 15 Jun 2023 08:44
Last Modified: 15 Jun 2023 08:44
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/13908

Actions (login required)

View Item View Item