RAHMAN, M.ALDI and NURRIZKI, AHMAD IBNU (2022) PENGARUH CAMPURAN LATEKS SEBAGAI SUBTITUSI CAMPURAN ASPAL TERHADAP PERKERASAN LENTUR JALAN. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (Cover)
file 1.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
file 2.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
file 3.pdf Download (605kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
file 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (669kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV HASIL PENGUJIAN DAN PEMBAHASAN)
file 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
file 6.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
file 7.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text (Lampiran)
file 8.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Beton aspal (asphalt concrete ) merupakan salah satu jenis dari lapis perkerasan konstruksi perkerasan lentur ( flexible pavement ). Campuran beton aspal tersebut terdiri dari atas agregat kasar, agregat halus, filler dan menggunakan aspal sebgai bahan pengikat. Ketersediaan aspal, yang pada umumnya berasal dari proses destilasi minyak bumi yang semakin lama bertambah nya waktu semakin berkurang akan jumlahnya, dan juga seiring dengan semakin sedikitny ketersedian minyak mentah ( crude oil ) yan terkandung didalam perut bumi. Permasalahan di atas akhirnya membuat banyak pihak melakukan pengembangan aspal modifikasi ( polymer modifed asphalt ), yaitu dengan cara menambah aspal tersebut dengan bahan aditive atau mensubtitusi sebagian dari jumlah aspal dengan bahan polymer dengan tujuan untuk menghemat penggunaan aspal tanpa mengurangi kualitas namun justru diharapkan dapat meningkatkan kinerjanya. Salah satu bahan yang dapat digunakan adalah elastomer alami, yaitu karet alam dalam bentuk lateks atau getah karet. Penggunaan subtitusi lateks terhadap beton aspal diharapkan dapat menghasilkan suatu alternatif baru dalam meningkatkan kinerja perkerasan jalan dan dapat menjadi solusi bagi struktur perkerasan jalan dalam menerima beban berat dari kendaraan thap terhadap perubahan kondisi alam, sehingga diharapkan konstruksi jalan bisa bertahan lama. Dari variasi pesentase ditunjukkan pada campuran dengan kadar aspal 6% dan lateks 4% yang memiliki stabilitas 1237,60Kg, VIM 15,90%, Flow 4,26 mm, MQ 321,54Kg/mm dan layak untuk digunakan sebagai bahan subtitusi aspal pada lapisan wearing course
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Subtitusi, Aspal, Lateks, Marshall |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Civil Engineering > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Mr M. Tommy Trianda |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 08:44 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 08:44 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/13908 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |