Kamilah, Khansa Farah (2023) PERANCANGAN GAME 2D SEBAGAI MEDIA EDUKASI TENTANG KESELAMATAN DI RUMAH UNTUK ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN METODE MDLC(MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE). Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya Prodi Teknologi Informatika Multimedia Digital.
|
Text
a. File Halaman Depan (Cover), DLL.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
b. File Bab I Pendahuluan.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
c. File Bab II Tinjauan Pustaka.pdf Download (583kB) | Preview |
|
![]() |
Text
d. File Bab III Metodologi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
e. File Bab IV Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
|
Text
f. File Bab V Simpulan dan Saran.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
g. File Daftar Pustaka.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
File Lampiran Khansa.pdf Download (578kB) | Preview |
Abstract
Masa usia dini merupakan periode emas (goldenage) bagi perkembangan anak untuk memperoleh proses pendidikan. Penelitian ini berfokus pada perancangan game edukasi mengenai keselamatan di rumah untuk anak usia dini. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui kelayakan usabilitas game berdasarkan standar ISO 9126 dengan indikator yaitu understandability, learnability, attractiveness, dan operability. Pengembangan game menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle(MDLC) yang terdiri dari 6 tahapan yaitu: (1) konsep, (2) perancangan, (3) pengumpulan materi, (4) pembuatan, (5) pengujian, (6) distribusi. Pengujian game dilakukan dengan teknik pengujian black box. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif dengan menggunakan teknik kuisioner dan index pengukuran skala likert. Hasil pengujian black box menyatakan bahwa game sesuai dengan harapan karena reaksi output sesuai dengan input yang dilakukan. Untuk mengetahui kelayakan usabilitas dari game, dilakukan pengujian terhadap 24 responden yang memiliki saudara atau anak berusia 0 sampai 6 tahun yang pernah memainkan game edukasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa usabilitas game masuk dalam kategori sangat layak dengan persentase sebesar 89,7%. Maka game edukasi mengenai keselamatan di rumah yang dibuat “Sangat Layak” dalam aspek usabilitas standar ISO 9126.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game, ISO 9126, Keselamatan di Rumah, Media Edukasi, Usabilitas |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Computer Engineering > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Mrs Trisni Handayani |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 04:53 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 04:53 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/14078 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |