PERANCANGAN GAME 2D SEBAGAI MEDIA EDUKASI TENTANG KESELAMATAN DI RUMAH UNTUK ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN METODE MDLC(MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE)

Kamilah, Khansa Farah (2023) PERANCANGAN GAME 2D SEBAGAI MEDIA EDUKASI TENTANG KESELAMATAN DI RUMAH UNTUK ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN METODE MDLC(MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE). Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya Prodi Teknologi Informatika Multimedia Digital.

[img]
Preview
Text
a. File Halaman Depan (Cover), DLL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
b. File Bab I Pendahuluan.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
c. File Bab II Tinjauan Pustaka.pdf

Download (583kB) | Preview
[img] Text
d. File Bab III Metodologi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
e. File Bab IV Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
f. File Bab V Simpulan dan Saran.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
g. File Daftar Pustaka.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File Lampiran Khansa.pdf

Download (578kB) | Preview

Abstract

Masa usia dini merupakan periode emas (goldenage) bagi perkembangan anak untuk memperoleh proses pendidikan. Penelitian ini berfokus pada perancangan game edukasi mengenai keselamatan di rumah untuk anak usia dini. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui kelayakan usabilitas game berdasarkan standar ISO 9126 dengan indikator yaitu understandability, learnability, attractiveness, dan operability. Pengembangan game menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle(MDLC) yang terdiri dari 6 tahapan yaitu: (1) konsep, (2) perancangan, (3) pengumpulan materi, (4) pembuatan, (5) pengujian, (6) distribusi. Pengujian game dilakukan dengan teknik pengujian black box. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif dengan menggunakan teknik kuisioner dan index pengukuran skala likert. Hasil pengujian black box menyatakan bahwa game sesuai dengan harapan karena reaksi output sesuai dengan input yang dilakukan. Untuk mengetahui kelayakan usabilitas dari game, dilakukan pengujian terhadap 24 responden yang memiliki saudara atau anak berusia 0 sampai 6 tahun yang pernah memainkan game edukasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa usabilitas game masuk dalam kategori sangat layak dengan persentase sebesar 89,7%. Maka game edukasi mengenai keselamatan di rumah yang dibuat “Sangat Layak” dalam aspek usabilitas standar ISO 9126.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Game, ISO 9126, Keselamatan di Rumah, Media Edukasi, Usabilitas
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Computer Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mrs Trisni Handayani
Date Deposited: 08 Jan 2024 04:53
Last Modified: 08 Jan 2024 04:53
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/14078

Actions (login required)

View Item View Item