PERANCANGAN GAME PUZZLE 2D SEBAGAI MEDIA EDUKASI TENTANG PENGENALAN HEWAN BEDASARKAN JENIS MAKANANNYA UNTUK ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN METODE MDLC

Zulmi, Dyah Ratna (2023) PERANCANGAN GAME PUZZLE 2D SEBAGAI MEDIA EDUKASI TENTANG PENGENALAN HEWAN BEDASARKAN JENIS MAKANANNYA UNTUK ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN METODE MDLC. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img] Text
COVER DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (672kB)
[img]
Preview
Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf

Download (429kB)
[img]
Preview
Text
BAB V Simpulan Dan Saran.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III Metodologi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berisi perancangan game puzzle 2D sebagai media edukasi untuk mengenalkan hewan berdasarkan jenis makanannya kepada anak usia dini. Yang mana minimnnya pengetahuan anak tentang hewan dan jenis makanannya yang berbeda-beda disebabkan sulitnya akses untuk melihat hewan tersebut secara langsung dihabitatnya dan kurangnya metode pembelajaran yang menarik. Game puzzle 2D dirancang dengan antar muka yang sesuai untuk anak usia dini, menyajikan gambar hewan dan informasi singkat mengenai jenis makanannya. Metode penelitian yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC). MDLC dipilih karena fokus pada pengembangan game multimedia yang tepat sesuai kebutuhan dan karakteristik pengguna akhir, yaitu anak usia dini. Platform aplikasi Construct 2 digunakan sebagai alat pengembangan game. Dalam penelitian ini penguji menggunakan pengujian blackbox testing, yang bertujuan untuk mengetahui apakah game yang dirancang sudah bisa dapat digunakan. Pengujian dilakukan untuk mengevaluasi rancangan game apakah sudah layak dipakai dan sesuai dengan skenario perancangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game puzzle 2D berhasil menjadi media edukasi untuk anak usia dini dalam mengenalkan hewan berdasarkan jenis makanannya penggunaan metode MDLC dan aplikasi Construct 2 dalam perancangan game terbukti memberikan kontribusi positif pada proses perancangan game puzzle 2D. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam media pembelajaran yang menyenangkan dan menarik untuk anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Game puzzle 2D, Anak Usia Dini, MDLC (Multimedia Development Life Cycle)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Computer Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mrs Trisni Handayani
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:07
Last Modified: 16 Jan 2024 03:07
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/14305

Actions (login required)

View Item View Item