PENGARUH PENAMBAHAN UNSUR GRAFIT DAN TEKANAN TERHADAP SIFAT MEKANIK BUSHING PULLEY CVT DARI PADUAN SERBUK ALUMINIUM TEMBAGA

Prasetya, Rafly (2023) PENGARUH PENAMBAHAN UNSUR GRAFIT DAN TEKANAN TERHADAP SIFAT MEKANIK BUSHING PULLEY CVT DARI PADUAN SERBUK ALUMINIUM TEMBAGA. Other thesis, UPT PERPUSTAKANPOLSRI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf

Download (74kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB II.pdf

Download (612kB)
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV PEMBAHASAN)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Bushing atau bantalan luncur merupakan komponen yang berfungsi untuk menumpu poros berbeban, sehingga putaran atau gerakan bolak-baliknya dapat berlangsung dengan halus dan aman. Salah satu penggunaannya yaitu di Continuously Variable Transmission (CVT) sepeda motor matic. Komponen ini biasanya diproduksi melalui proses cor/casting dengan bahan baku besi paduan. Dalam penelitian ini dibuat bushing pulley cvt dengan metode metalurgi serbuk. Metalurgi serbuk atau powder metallurgy adalah proses pembuatan suatu komponen atau spesimen dari bahan serbuk logam. Bantalan yang dihasilkan dari proses ini memiliki karakteristik unik yaitu sifat pelumas sendiri (self-lubricating). Bushing dibuat dengan paduan serbuk Aluminium – Tembaga dengan variasi penambahan unsur grafit. Fraksi berat yang digunakan adalah Aluminium (Al) - Tembaga (Cu) 5% dan penambahan unsur grafit 1, 3 dan 5%. Serbuk dilakukan penekanan dengan tekanan 202 MPa, 235 MPa, dan 269 MPa kemudian dilakukan proses sintering dengan suhu 550°C dengan waktu tahan 180 menit. Matrik aluminium dipilih untuk mengoptimalkan sifat ringan dan tahan karat, penguat berbahan tembaga yang dapat meningkatkan sifat kekerasan dan ketahanan aus yang baik, sedangkan penambahan grafit memungkinkan terjadinya efek self- lubricating yang juga mendukung ketahanan aus. Bushing dilakukan pengujian kekerasan dan laju keausan. Didapatkan hasil rata rata kekerasan tertinggi sebesar 47,82 BHN dan laju keausan terendah sebesar 0,663743319 mm3/Nm

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Bushing, Aluminium, Metalurgi Serbuk, Kekerasan , Laju Keausan
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Mechanical Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 07 Oct 2024 09:54
Last Modified: 07 Oct 2024 09:54
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/15682

Actions (login required)

View Item View Item