PERANCANGAN VIDEO COMPANY PROFILE UNTUK KEGIATAN PROMOSI UMKM BUMBU MAK DJUAI MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL

APRILYANA, INNAYAH CINTA (2023) PERANCANGAN VIDEO COMPANY PROFILE UNTUK KEGIATAN PROMOSI UMKM BUMBU MAK DJUAI MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL. Other thesis, UPT PERPUSTAKAAN POLSRI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (347kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf

Download (117kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB II.pdf

Download (894kB)
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V.pdf

Download (66kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)

Abstract

PERANCANGAN VIDEO COMPANY PROFILE UNTUK KEGIATAN PROMOSI UMKM BUMBU MAK DJUAI MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL LAPORAN TUGAS AKHIR disusun sebagai salah satu syarat menyelesaikan pendidikan pada Program Studi Teknologi Informatika Multimedia Digital Jurusan Teknik Komputer Politeknik Negeri Sriwijaya OLEH: INNAYAH CINTA APRILYANA 061940722609 POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA PALEMBANG 2023 ii iii KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA Jalan Srijaya Negara, Palembang 30139 Telp. 0711-353414 Fax. 0711-355918 Website : www.polsri.ac.id E-mail : info@polsri.ac.id SURAT PERNYATAAN BEBAS PLAGIARISME Yang bertanda tangan di bawah ini : NIM : Jurusan/Program Studi : 061940722609 Teknik Komputer/D-IV Informatika Multimedia Digital Judul Skripsi : Teknologi Perancangan Video Company Profile Untuk Kegiatan Promosi Umkm Bumbu Mak Djuai Menggunakan Media Sosial Dengan ini menyatakan : 1. Skripsi yang saya buat dengan judul sebagaimana di atas beserta isinya merupakan hasil penelitian saya sendiri. 2. Skripsi tersebut bukan plagiat atau menyalin skripsi milik orang lain. 3. Apabila skripsi ini di kemudian hari dinyatakan plagiat atau menyalin skripsi milik orang lain, maka saya bersedia menerima konsekuensinya. Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya untuk diketahui oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Palembang, Oktober 2023 Yang Membuat Pernyataan, Innayah Cinta Aprilyana NIM. 061940722609 iv MOTTO “Berani ambil resiko, bermimpi besar, dan berharap besar. Karena kalo orang lain bisa, kita juga pasti bisa, walaupun dengan jalan yang berbeda.” - Innayah Cinta Aprilyana Untuk : • Allah SWT • Keluargaku • Teman-temanku • Almameterku • Diriku v ABSTRAK PERANCANGAN VIDEO COMPANY PROFILE UNTUK KEGIATAN PROMOSI UMKM BUMBU MAK DJUAI MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL (Innayah Cinta Aprilyana, 2023) Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah video company profile yang efektif untuk mempromosikan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Bumbu Mak Djuai melalui media sosial. Dalam era digital saat ini, media sosial telah menjadi platform yang kuat dalam mempromosikan produk dan layanan melalui multimedia, salah satunya dalam bentuk video, yatu video company profile. Namun, banyak UMKM belum memaksimalkan kegiatan promosi usahanya menggunakan video company profile. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Villamil Molina. Metode ini memandu peneliti dalam menentukan ide, membuat script dan narasi, hingga hasil pengujian. Langkah awal penelitian adalah mengumpulkan informasi tentang UMKM Bumbu Mak Djuai, termasuk sejarah, produk, visi, dan nilai-nilai perusahaan. Selanjutnya, identifikasi target audiens yang sesuai untuk promosi ini dilakukan untuk memastikan video dapat menyampaikan pesan dengan efektif. Proses perancangan meliputi development, pre-production, production, post production, dan delivery. Hasil dari penelitian ini diharapkan adalah sebuah video company profile yang menarik, informatif, dan menggugah emosi, mampu mengkomunikasikan identitas dan nilai-nilai UMKM Bumbu Mak Djuai dengan jelas kepada audiens. Video tersebut diharapkan dapat digunakan sebagai alat promosi yang efektif melalui berbagai platform media sosial, seperti Instagram.Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadi sumbangan dalam pengembangan metode perancangan visual yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan pasar digital saat ini. Kata kunci : Video, Company Profile, UMKM, Media Sosial, Villami-Molina vi ABSTRACT DESIGNING A COMPANY PROFILE VIDEO FOR PROMOTIONAL ACTIVITIES OF UMKM BUMBU MAK DJUAI USING SOCIAL MEDIA (Innayah Cinta Aprilyana, 2023) This research aims to design an effective company profile video to promote Bumbu Mak Djuai Micro, Small and Medium Enterprises (UMKM) through social media. In the current digital era, social media has become a strong platform for promoting products and services through multimedia, one of which is in the form of videos, namely company profile videos. However, many UMKM have not maximized their business promotion activities using company profile videos. The method used in this research is the Villamil Molina method. This method guides researchers in determining ideas, creating scripts and narratives, and testing results. The initial step of the research was to collect information about UMKM Bumbu Mak Djuai, including history, products, vision and company values. Next, identification of the appropriate target audience for this promotion is carried out to ensure the video can convey the message effectively. The design process includes development, pre-production, production, post-production, and delivery. It is hoped that the results of this research will be an interesting, informative and emotionally evocative company profile video, capable of communicating the identity and values of UMKM Bumbu Mak Djuai clearly to the audience. It is hoped that the video can be used as an effective promotional tool through various social media platforms, such as Instagram. Apart from that, this research can also be a contribution in developing better visual design methods that suit the needs of today's digital market. Key words : Video, Company Profile, UMKM, Social Media, Villami-Molina vii KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT karena atas berkat dan rahmat-Nya, penulis dapat menyelesaikan laporan tugas akhir yang berjudul “Perancangan Video Company Profile Untuk Kegiatan Promosi UMKM Bumbu Mak Djuai Menggunakan Media Sosial”. Laporan tugas akhir ini disusun dalam rangka memenuhi salah satu syarat pendidikan Program Studi Teknologi Informatika Multimedia Digital pada Jurusan Teknik Komputer Politeknik Negeri Sriwijaya. Dengan selesainya laporan tugas akhir ini, penulis banyak mendapatkan pengalaman berharga, bantuan, bimbingan dan dukungan, baik materi maupun non materi dari berbagai pihak. Maka dalam kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada : 1. Allah SWT karena atas berkat rahmat-Nya, saya dapat menyelesaikan tugas akhir ini. 2. Bapak Azwardi, S.T., M.T., selaku Ketua Jurusan Teknik Komputer Politeknik Negeri Sriwijaya. 3. Ibu Ema Laila, S.Kom., M.Kom., selaku Ketua Program Studi Teknologi Informatika Multimedia Digital Politeknik Negeri Sriwijaya. 4. Bapak Mustaziri, ST, M.Kom., selaku dosen pembimbing akademik Politeknik Negeri Sriwijaya. 5. Bapak Herlambang S,S.Pd.,M.Kom.,Ph,D, selaku dosen pembimbing I yang telah memberikan bimbingan, pengarahan dan nasihat dalam menyelesaikan tugas akhir ini. 6. Bapak Meiyi Darlies, S.Kom., M.Kom., M.Kom selaku dosen pembimbing II yang telah memberikan bimbingan, pengarahan dan nasihat dalam menyelesaikan laporan ini. 7. Mama, Papa, Adek Pety, Aal, dan semua pihak yang sudah membantu dalam pembuatan skripsi saya. Penulis menyadari bahwa laporan tugas akhir ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu, semua kritik dan saran yang bersifat membangun sangat diharapkan oleh penulis. viii Akhir kata, penulis berharap semoga Allah SWT berkenan membalas segala kebaikan semua pihak yang telah membantu dan semoga laporan tugas akhir ini dapat bermanfaat khususnya bagi penulis sendiri dan pembaca pada umumnya. Palembang, Agustus 2023 Penulis ix x DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL ................................................................................................ i LEMBAR PERSETUJUAN ................................................................................... ii HALAMAN UJI .................................................................................................... ii SURAT PERNYATAAN BEBAS PLAGIARISME ............................................. iv MOTTO ...................................................................................................................v ABSTRAK ............................................................................................................. vi ABSTRACT .......................................................................................................... vii KATA PENGANTAR ......................................................................................... viii DAFTAR ISI ............................................................................................................x DAFTAR GAMBAR ............................................................................................ xii DAFTAR TABEL ................................................................................................ xiv BAB I PENDAHULUAN ...................................................................................................1 1.1 Latar Belakang .........................................................................................3 1.2 Perumusan Masalah .................................................................................3 1.3 Batasan Masalah ......................................................................................3 1.4 Tujuan ......................................................................................................3 1.5 Manfaat ....................................................................................................3 BAB II TINJAUAN PUSTAKA ..........................................................................................5 2.1 Video ........................................................................................................5 2.2 Company Profile ....................................................................................16 2.3 Promosi ..................................................................................................18 2.4 UMKM ...................................................................................................20 2.5 Media Sosial ...........................................................................................21 2.6 Aplikasi Yang Digunakan ......................................................................24 2.7 Wawancara .............................................................................................25 2.8 Observasi ................................................................................................26 2.9 Studi Pustaka ..........................................................................................27 2.10 Metode Villamil-Molina ........................................................................27 2.11 Analisis Data ..........................................................................................29 2.12 Penelitian Terdahulu ..............................................................................31 BAB III METODE PENELITIAN .......................................................................................37 xi 3.1. Kerangka Penelitian ...............................................................................37 3.2. Story Development ................................................................................37 3.3 Metode Villamil-Molina ........................................................................38 3.3.1 Development .......................................................................................39 3.3.2 Pre-production ...................................................................................41 3.3.3 Production ..........................................................................................48 3.3.4 Post-production ..................................................................................49 3.3.5 Delivery ..............................................................................................54 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN ..............................................................................55 4.1 Hasil Video Company Profile ................................................................55 4.2 Pengujian ................................................................................................66 4.3 Hasil Analisis Data .................................................................................69 4.4 Hasil Analisis Akun Instagram ..............................................................71 4.5 Pembahasan ............................................................................................74 BAB V PENUTUP ..............................................................................................................76 5.1 Kesimpulan ............................................................................................76 5.2 Saran .......................................................................................................76 DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................77 xii DAFTAR GAMBAR Gambar 2.1 ...............................................................................................................5 Gambar 2.2 ...............................................................................................................6 Gambar 2.3 ...............................................................................................................7 Gambar 2.4 ...............................................................................................................7 Gambar 2.5 ...............................................................................................................7 Gambar 2.6 ...............................................................................................................8 Gambar 2.7 ...............................................................................................................8 Gambar 2.8 ...............................................................................................................8 Gambar 2.9 ...............................................................................................................9 Gambar 2.10 ...........................................................................................................10 Gambar 2.11 ...........................................................................................................10 Gambar 2.12 ...........................................................................................................11 Gambar 2.13 ...........................................................................................................11 Gambar 2.14 ...........................................................................................................11 Gambar 2.15 ...........................................................................................................12 Gambar 2.16 ...........................................................................................................12 Gambar 2.17 ...........................................................................................................23 Gambar 2.18 ...........................................................................................................24 Gambar 2.19 ...........................................................................................................25 Gambar 2.20 ...........................................................................................................27 Gambar 3.1 .............................................................................................................40 Gambar 3.2 .............................................................................................................41 Gambar 3.3 .............................................................................................................48 Gambar 3.4 .............................................................................................................49 Gambar 4.1 .............................................................................................................57 Gambar 4.2 .............................................................................................................57 Gambar 4.3 .............................................................................................................58 Gambar 4.4 .............................................................................................................59 Gambar 4.5 .............................................................................................................59 Gambar 4.6 .............................................................................................................60 Gambar 4.7 .............................................................................................................60 Gambar 4.8 .............................................................................................................61 Gambar 4.9 .............................................................................................................62 Gambar 4.10 ...........................................................................................................62 xiii Gambar 4.11 ...........................................................................................................63 Gambar 4.12 ...........................................................................................................63 Gambar 4.13 ...........................................................................................................64 Gambar 4.14 ...........................................................................................................64 Gambar 4.15 ...........................................................................................................65 Gambar 4.16 ...........................................................................................................65 Gambar 4.17 ...........................................................................................................66 Gambar 4.18 ...........................................................................................................67 Gambar 4.19 ...........................................................................................................68 Gambar 4.20 ...........................................................................................................73 Gambar 4.21 ...........................................................................................................75 Gambar 4.22 ...........................................................................................................71 Gambar 4.23 ...........................................................................................................76 xiv DAFTAR TABEL Tabel 3.1 .................................................................................................................40 Tabel 3.2 .................................................................................................................41 Tabel 3.3 .................................................................................................................48 Tabel 3.4 .................................................................................................................49 Tabel 3.5 .................................................................................................................50 Tabel 4.1 .................................................................................................................67 Tabel 4.2 .................................................................................................................67 Tabel 4.3 .................................................................................................................69 Tabel 4.4 .................................................................................................................72 PERANCANGAN VIDEO COMPANY PROFILE UNTUK KEGIATAN PROMOSI UMKM BUMBU MAK DJUAI MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL LAPORAN TUGAS AKHIR disusun sebagai salah satu syarat menyelesaikan pendidikan pada Program Studi Teknologi Informatika Multimedia Digital Jurusan Teknik Komputer Politeknik Negeri Sriwijaya OLEH: INNAYAH CINTA APRILYANA 061940722609 POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA PALEMBANG 2023 ii iii KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA Jalan Srijaya Negara, Palembang 30139 Telp. 0711-353414 Fax. 0711-355918 Website : www.polsri.ac.id E-mail : info@polsri.ac.id SURAT PERNYATAAN BEBAS PLAGIARISME Yang bertanda tangan di bawah ini : NIM : Jurusan/Program Studi : 061940722609 Teknik Komputer/D-IV Informatika Multimedia Digital Judul Skripsi : Teknologi Perancangan Video Company Profile Untuk Kegiatan Promosi Umkm Bumbu Mak Djuai Menggunakan Media Sosial Dengan ini menyatakan : 1. Skripsi yang saya buat dengan judul sebagaimana di atas beserta isinya merupakan hasil penelitian saya sendiri. 2. Skripsi tersebut bukan plagiat atau menyalin skripsi milik orang lain. 3. Apabila skripsi ini di kemudian hari dinyatakan plagiat atau menyalin skripsi milik orang lain, maka saya bersedia menerima konsekuensinya. Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya untuk diketahui oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Palembang, Oktober 2023 Yang Membuat Pernyataan, Innayah Cinta Aprilyana NIM. 061940722609 iv MOTTO “Berani ambil resiko, bermimpi besar, dan berharap besar. Karena kalo orang lain bisa, kita juga pasti bisa, walaupun dengan jalan yang berbeda.” - Innayah Cinta Aprilyana Untuk : • Allah SWT • Keluargaku • Teman-temanku • Almameterku • Diriku v ABSTRAK PERANCANGAN VIDEO COMPANY PROFILE UNTUK KEGIATAN PROMOSI UMKM BUMBU MAK DJUAI MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL (Innayah Cinta Aprilyana, 2023) Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah video company profile yang efektif untuk mempromosikan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Bumbu Mak Djuai melalui media sosial. Dalam era digital saat ini, media sosial telah menjadi platform yang kuat dalam mempromosikan produk dan layanan melalui multimedia, salah satunya dalam bentuk video, yatu video company profile. Namun, banyak UMKM belum memaksimalkan kegiatan promosi usahanya menggunakan video company profile. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Villamil Molina. Metode ini memandu peneliti dalam menentukan ide, membuat script dan narasi, hingga hasil pengujian. Langkah awal penelitian adalah mengumpulkan informasi tentang UMKM Bumbu Mak Djuai, termasuk sejarah, produk, visi, dan nilai-nilai perusahaan. Selanjutnya, identifikasi target audiens yang sesuai untuk promosi ini dilakukan untuk memastikan video dapat menyampaikan pesan dengan efektif. Proses perancangan meliputi development, pre-production, production, post production, dan delivery. Hasil dari penelitian ini diharapkan adalah sebuah video company profile yang menarik, informatif, dan menggugah emosi, mampu mengkomunikasikan identitas dan nilai-nilai UMKM Bumbu Mak Djuai dengan jelas kepada audiens. Video tersebut diharapkan dapat digunakan sebagai alat promosi yang efektif melalui berbagai platform media sosial, seperti Instagram.Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadi sumbangan dalam pengembangan metode perancangan visual yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan pasar digital saat ini. Kata kunci : Video, Company Profile, UMKM, Media Sosial, Villami-Molina vi ABSTRACT DESIGNING A COMPANY PROFILE VIDEO FOR PROMOTIONAL ACTIVITIES OF UMKM BUMBU MAK DJUAI USING SOCIAL MEDIA (Innayah Cinta Aprilyana, 2023) This research aims to design an effective company profile video to promote Bumbu Mak Djuai Micro, Small and Medium Enterprises (UMKM) through social media. In the current digital era, social media has become a strong platform for promoting products and services through multimedia, one of which is in the form of videos, namely company profile videos. However, many UMKM have not maximized their business promotion activities using company profile videos. The method used in this research is the Villamil Molina method. This method guides researchers in determining ideas, creating scripts and narratives, and testing results. The initial step of the research was to collect information about UMKM Bumbu Mak Djuai, including history, products, vision and company values. Next, identification of the appropriate target audience for this promotion is carried out to ensure the video can convey the message effectively. The design process includes development, pre-production, production, post-production, and delivery. It is hoped that the results of this research will be an interesting, informative and emotionally evocative company profile video, capable of communicating the identity and values of UMKM Bumbu Mak Djuai clearly to the audience. It is hoped that the video can be used as an effective promotional tool through various social media platforms, such as Instagram. Apart from that, this research can also be a contribution in developing better visual design methods that suit the needs of today's digital market. Key words : Video, Company Profile, UMKM, Social Media, Villami-Molina vii KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT karena atas berkat dan rahmat-Nya, penulis dapat menyelesaikan laporan tugas akhir yang berjudul “Perancangan Video Company Profile Untuk Kegiatan Promosi UMKM Bumbu Mak Djuai Menggunakan Media Sosial”. Laporan tugas akhir ini disusun dalam rangka memenuhi salah satu syarat pendidikan Program Studi Teknologi Informatika Multimedia Digital pada Jurusan Teknik Komputer Politeknik Negeri Sriwijaya. Dengan selesainya laporan tugas akhir ini, penulis banyak mendapatkan pengalaman berharga, bantuan, bimbingan dan dukungan, baik materi maupun non materi dari berbagai pihak. Maka dalam kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada : 1. Allah SWT karena atas berkat rahmat-Nya, saya dapat menyelesaikan tugas akhir ini. 2. Bapak Azwardi, S.T., M.T., selaku Ketua Jurusan Teknik Komputer Politeknik Negeri Sriwijaya. 3. Ibu Ema Laila, S.Kom., M.Kom., selaku Ketua Program Studi Teknologi Informatika Multimedia Digital Politeknik Negeri Sriwijaya. 4. Bapak Mustaziri, ST, M.Kom., selaku dosen pembimbing akademik Politeknik Negeri Sriwijaya. 5. Bapak Herlambang S,S.Pd.,M.Kom.,Ph,D, selaku dosen pembimbing I yang telah memberikan bimbingan, pengarahan dan nasihat dalam menyelesaikan tugas akhir ini. 6. Bapak Meiyi Darlies, S.Kom., M.Kom., M.Kom selaku dosen pembimbing II yang telah memberikan bimbingan, pengarahan dan nasihat dalam menyelesaikan laporan ini. 7. Mama, Papa, Adek Pety, Aal, dan semua pihak yang sudah membantu dalam pembuatan skripsi saya. Penulis menyadari bahwa laporan tugas akhir ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu, semua kritik dan saran yang bersifat membangun sangat diharapkan oleh penulis. viii Akhir kata, penulis berharap semoga Allah SWT berkenan membalas segala kebaikan semua pihak yang telah membantu dan semoga laporan tugas akhir ini dapat bermanfaat khususnya bagi penulis sendiri dan pembaca pada umumnya. Palembang, Agustus 2023 Penulis ix x DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL ................................................................................................ i LEMBAR PERSETUJUAN ................................................................................... ii HALAMAN UJI .................................................................................................... ii SURAT PERNYATAAN BEBAS PLAGIARISME ............................................. iv MOTTO ...................................................................................................................v ABSTRAK ............................................................................................................. vi ABSTRACT .......................................................................................................... vii KATA PENGANTAR ......................................................................................... viii DAFTAR ISI ............................................................................................................x DAFTAR GAMBAR ............................................................................................ xii DAFTAR TABEL ................................................................................................ xiv BAB I PENDAHULUAN ...................................................................................................1 1.1 Latar Belakang .........................................................................................3 1.2 Perumusan Masalah .................................................................................3 1.3 Batasan Masalah ......................................................................................3 1.4 Tujuan ......................................................................................................3 1.5 Manfaat ....................................................................................................3 BAB II TINJAUAN PUSTAKA ..........................................................................................5 2.1 Video ........................................................................................................5 2.2 Company Profile ....................................................................................16 2.3 Promosi ..................................................................................................18 2.4 UMKM ...................................................................................................20 2.5 Media Sosial ...........................................................................................21 2.6 Aplikasi Yang Digunakan ......................................................................24 2.7 Wawancara .............................................................................................25 2.8 Observasi ................................................................................................26 2.9 Studi Pustaka ..........................................................................................27 2.10 Metode Villamil-Molina ........................................................................27 2.11 Analisis Data ..........................................................................................29 2.12 Penelitian Terdahulu ..............................................................................31 BAB III METODE PENELITIAN .......................................................................................37 xi 3.1. Kerangka Penelitian ...............................................................................37 3.2. Story Development ................................................................................37 3.3 Metode Villamil-Molina ........................................................................38 3.3.1 Development .......................................................................................39 3.3.2 Pre-production ...................................................................................41 3.3.3 Production ..........................................................................................48 3.3.4 Post-production ..................................................................................49 3.3.5 Delivery ..............................................................................................54 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN ..............................................................................55 4.1 Hasil Video Company Profile ................................................................55 4.2 Pengujian ................................................................................................66 4.3 Hasil Analisis Data .................................................................................69 4.4 Hasil Analisis Akun Instagram ..............................................................71 4.5 Pembahasan ............................................................. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah video company profile yang efektif untuk mempromosikan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Bumbu Mak Djuai melalui media sosial. Dalam era digital saat ini, media sosial telah menjadi platform yang kuat dalam mempromosikan produk dan layanan melalui multimedia, salah satunya dalam bentuk video, yatu video company profile. Namun, banyak UMKM belum memaksimalkan kegiatan promosi usahanya menggunakan video company profile. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Villamil Molina. Metode ini memandu peneliti dalam menentukan ide, membuat script dan narasi, hingga hasil pengujian. Langkah awal penelitian adalah mengumpulkan informasi tentang UMKM Bumbu Mak Djuai, termasuk sejarah, produk, visi, dan nilai-nilai perusahaan. Selanjutnya, identifikasi target audiens yang sesuai untuk promosi ini dilakukan untuk memastikan video dapat menyampaikan pesan dengan efektif. Proses perancangan meliputi development, pre-production, production, post production, dan delivery. Hasil dari penelitian ini diharapkan adalah sebuah video company profile yang menarik, informatif, dan menggugah emosi, mampu mengkomunikasikan identitas dan nilai-nilai UMKM Bumbu Mak Djuai dengan jelas kepada audiens. Video tersebut diharapkan dapat digunakan sebagai alat promosi yang efektif melalui berbagai platform media sosial, seperti Instagram.Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadi sumbangan dalam pengembangan metode perancangan visual yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan pasar digital saat ini.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Video, Company Profile, UMKM, Media Sosial, Villami-Molina
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Computer Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 23 Jan 2025 01:52
Last Modified: 23 Jan 2025 01:52
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/15765

Actions (login required)

View Item View Item