IMPLEMENTASI METODE ADDIE PADA RANCANG BANGUN GAME EDUKASI UNTUK SISWA SMP XAVERIUS GUNA MENARIK MINAT DALAM BELAJAR IPA

ANGELINA.S, PRISCILLIA (2024) IMPLEMENTASI METODE ADDIE PADA RANCANG BANGUN GAME EDUKASI UNTUK SISWA SMP XAVERIUS GUNA MENARIK MINAT DALAM BELAJAR IPA. Other thesis, UPT PERPUSTAKAAN POLSRI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf

Download (79kB)
[img]
Preview
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB 2.pdf

Download (719kB) | Preview
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB 5.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (832kB) | Preview

Abstract

ICT (Information and Communication) bisa mempermudah dalam penyampaian bahan ajar oleh guru serta bisa membantu para siswanya dalam memahami materi pembelajaran. Berdasarkan pemaparan tersebutlah yang menjadikan alasan untuk membuat sebuah sarana pembelajaran yang diselingi dengan game edukasi didalamnya, agar bisa lebih mempermudah para siswa kelas VII SMP Xaverius Baturaja dalam memahami materi IPA di bab Zat dan perubahannya, dengan menggunakan konsep bermain sambil belajar. Metode yang digunakan adalah model ADDIE, model ini berisikan lima tahapan selama pembuatannya, dimana kelima tahapnya adalah Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Kemudian dalam pengujiannya digunakan beberapa metode pengujian, diantaranya pengujian Blackbox, pengujian Alpha Beta serta pengujian SUS (System Usability Scale). Pada pengujian Alpha responden yang dibutuhkan sebanyak 4 orang, keempat orang tersebut terbagi menjadi dua macam pengujian. Yaitu pengujian Ahli materi dan Ahli media. Guru yang mengajar mata pelajaran IPA di SMP Xaverius Baturaja sebanyak 2 orang, ditetapkan sebagai ahli materi. Sedangkan untuk ahli media menggunakan 2 orang Dosen Politeknik Negeri Sriwijaya di jurusan Teknik Komputer. Pengujian Beta sendiri menggunakan siswa dan siswi kelas VII SMP Xaverius Baturaja sebagai respondennya. Dimana pengujian dari Ahli Materi, ahli media dan responden Beta rata-rata mengisi kuisioner dengan hasil tingkat kepuasan point 5, point 5 dalam pengujian memiliki arti SS (Sangat Setuju). Dari hasil uji pre-test dan post-test yang telah dilakukan responden Beta, didapatkan hasil pengujian game edukasi ini berada pada angka 0.70 ≤ g < 100 = Tinggi (Terjadi Peningkatan) dan juga memiliki nilai persentase sebesar 73,17% dimana nilai tersebut terletak pada kategori “56 - 75 = Cukup Efektif”.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sarana pembelajaran, Game edukasi, zat dan perubahannya.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Computer Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 20 Feb 2025 09:03
Last Modified: 20 Feb 2025 09:03
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/16055

Actions (login required)

View Item View Item