PERANCANGAN GAME EDUKASI SISTEM TATA SURYA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA SISWA/SISWI KELAS VII SMPN 2 PALEMBANG

CARLOS, M.RAIHAN JOAN (2023) PERANCANGAN GAME EDUKASI SISTEM TATA SURYA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA SISWA/SISWI KELAS VII SMPN 2 PALEMBANG. Other thesis, UPT PERPUSTAKAAN POLSRI.

[img] Text (Cover)
Halaman Depan.pdf

Download (793kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB II.pdf

Download (651kB)
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (766kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V.pdf

Download (61kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (744kB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang cepat telah merevolusi pendidikan, memungkinkan integrasi teknologi dengan infrastruktur yang tepat untuk mendukung pembelajaran di kelas. Internet of Things dan Teknologi Augmented Reality (AR) menawarkan pendekatan baru dalam pembelajaran. Siswa Indonesia adalah pengguna teknologi terbesar di dunia, namun fasilitas pendidikan di banyak sekolah masih terbatas. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran, seperti menampilkan objek 3D didalam game edukasi, dapat meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi berbasis Android menggunakan teknologi Augmented Reality untuk membantu siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Palembang memahami sistem tata surya. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengembangan game ini menggabungkan materi sistem tata surya, fitur teknologi Augmented Reality, kuis dan game hiburan lainnya. Berdasarkan uji coba pada 20 siswa, hasil menunjukkan bahwa game edukasi ini cukup efektif dengan persentase N-Gain sebesar 60,32%. Game ini membantu meningkatkan pemahaman siswa tentang sistem tata surya dan memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menarik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Media Pembelajaran, ADDIE
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Computer Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 26 Feb 2025 04:31
Last Modified: 26 Feb 2025 04:31
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/16144

Actions (login required)

View Item View Item