PUTRI, MEGA ANANDA (2024) PERANCANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF GAME EDUKASI SUHU DAN KALOR BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA SD NEGERI 06 RANTAU PANJANG. Other thesis, UPT PERPUSTAKAAN POLSRI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf Download (81kB) |
|
|
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB II.pdf Download (240kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (671kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V.pdf Download (66kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (723kB) |
Abstract
Kemajuan teknologi yang semakin cepat telah mempengaruhi berbagai bidang termasuk sebagai media pembelajaran dalam dunia pendidikan. Penggunaan teknologi dalam dunia Pendidikan masih perlu ditingkatkan karena masih banyaknya sekolah yang belum dapat mengaplikasikan teknologi dalam media pembelajaran. Teknologi Augmented Reality merupakan teknologi yang dapat menggabungkan dunia nyata dengan elemen digital atau informasi yang dihasilkan komputer. Augmented Reality telah membawa perubahan dalam dunia pendidikan dengan memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan game edukasi berbasis Augmented Reality sebagai media pembelajaran. Metode yang digunakan merupakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengembangan game edukasi ini menggunakan materi suhu dan kalor sebagai isi dari game, untuk mengetahui game edukasi ini layak maka dilakukan pengujian alpha dan beta, pada pengujian alpha dilakukan oleh ahli materi dan ahli media yang mendapatkan nilai sebesar 90% dengan kriteria “Sangat Valid”. Pada pengujian beta dilakukan pretest dan posttest kepada 18 siswa dengan memperoleh hasil nilai rata-rata N-Gain sebesar 0.63 yang termasuk dalam kriteria “Sedang”. Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa game edukasi ini dapat membantu dalam belajar siswa dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game edukasi, Augmented Reality, Multimedia Interaktif, Metode ADDIE |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Computer Engineering > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Mr Bambang Anthony |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 04:31 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 04:31 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/16148 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |