PENGARUH FLUKTUASI HARGA EMAS, PROMOSI DAN DIGITALISASI TERHADAP MINAT NASABAH PADA PRODUK CICIL EMAS PT BANK SYARIAH INDONESIA TBK

Markin, Abizar (2025) PENGARUH FLUKTUASI HARGA EMAS, PROMOSI DAN DIGITALISASI TERHADAP MINAT NASABAH PADA PRODUK CICIL EMAS PT BANK SYARIAH INDONESIA TBK. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (COVER)
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fluktuasi harga emas, promosi, dan digitalisasi terhadap minat nasabah pada produk Cicil Emas di PT Bank Syariah Indonesia Tbk KCP Palembang Simpang Patal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 22.115 nasabah. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden, ditentukan melalui rumus Slovin dengan teknik insidental sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan software SPSS versi 26. Teknik analisis yang digunakan meliputi uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, fluktuasi harga emas, promosi, dan digitalisasi berpengaruh dan signifikan terhadap minat nasabah. Secara simultan, ketiga variabel tersebut juga memberikan pengaruh yang signifikan dengan kontribusi sebesar 29,9 persen, sementara sisanya sebesar 70,1 persen dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian ini. Dari ketiga variabel, digitalisasi memiliki pengaruh paling dominan terhadap minat nasabah. Temuan ini menegaskan bahwa optimalisasi fitur layanan digital dan strategi promosi yang tepat sangat penting dalam meningkatkan minat masyarakat terhadap investasi berbasis syariah, khususnya produk cicil emas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Digitalisasi, Emas, Fluktuasi, Minat, Promosi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Business Management > Undergraduate Theses
Depositing User: Unnamed user with email admbisnis@polsri.ac.id
Date Deposited: 08 Aug 2025 02:12
Last Modified: 08 Aug 2025 02:12
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/17258

Actions (login required)

View Item View Item