PERANCANGAN VIDEO PROMOSI KAMPUNG PEMPEK TANGGO RAJO CINDO UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATA KULINER KHAS PALEMBANG

Andini, Niken Dwi (2025) PERANCANGAN VIDEO PROMOSI KAMPUNG PEMPEK TANGGO RAJO CINDO UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATA KULINER KHAS PALEMBANG. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img] Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version

Download (584kB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTAK.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img] Text (Bab I)
BAB 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text (Bab IV)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Perancangan Video Promosi Kampung Pempek Tanggo Rajo Cindo untuk Meningkatkan Daya Tarik Wisata Kuliner Khas Palembang”. Penelitian ini bertujuan untuk merancang video promosi Kampung Pempek untuk meningkatkan daya tarik wisata kuliner khas Palembang. Kampung pempek yang terletak di kawasan Seberang Ulu I, Palembang, merupakan sentra produksi pempek yang memiliki nilai budaya, historis, dan ekonomi. Namun, rendahnya eksistensi di media digital serta minimnya strategi promosi yang menarik menghambat pengenalan kawasan ini secara luas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan model perancangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil perancangan berupa video promosi berdurasi 3 menit yang mengintegrasikan narasi visual, sinematografi, storytelling, dan unsur khas lokal untuk membangun citra destinasi kuliner. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa video promosi yang dirancang mampu menyampaikan informasi secara menarik, memperkuat identitas kampung, serta mempengaruhi persepsi dan minat calon wisatawan. Dengan demikian, media visual dinilai efektif sebagai alat promosi dalam upaya memperluas jangkauan promosi destinasi dan meningkatkan kunjungan wisatawan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Video Promosi, Wisata Kuliner, Kampung Pempek, Palembang
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Business Administration > Undergraduate Theses
Depositing User: Pustaka Adm Bisnis
Date Deposited: 10 Aug 2025 07:14
Last Modified: 10 Aug 2025 07:14
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/17509

Actions (login required)

View Item View Item