PENGEMBANGAN DESAIN KEMASAN KOPI SEMENDO YANG INOVATIF SEBAGAI PRODUK OLEH-OLEH PADA CV. KOPI BIJI UMKM DI KOTA PALEMBANG

Sari, Intan Sekar (2025) PENGEMBANGAN DESAIN KEMASAN KOPI SEMENDO YANG INOVATIF SEBAGAI PRODUK OLEH-OLEH PADA CV. KOPI BIJI UMKM DI KOTA PALEMBANG. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (COVER)
a. Cover.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
a.1 File Abstrak.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
b.FILE BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text (BAB II)
c. FILE BAB II TINJAUAN TEORI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img] Text (BAB III)
d. FILE BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img] Text (BAB IV)
e. FILE BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
f. FILE BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
g. FILE DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
h. FILE LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pengembangan desain kemasan Kopi Semendo ukuran 225gram dilakukan karena desain sebelumnya belum secara maksimal merepresentasikan identitas budaya dan asal daerah kopi dalam bentuk visual dan informasi tertulis. Oleh karena itu, diperlukan inovasi desain yang tidak hanya menarik, tetapi juga informatif agar dapat dijadikan oleh-oleh khas yang mewakili daerah penghasil kopi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah desain kemasan Kopi Semendo dari CV. Kopi Biji Palembang dapat dijadikan sebagai Produk Oleh-oleh yang informatif melalui pengembangan Desain Kemasan. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) versi Borg and Gall, dengan lima tahapan utama: identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, perancangan, validasi, dan revisi desain. Pendekatan yang digunakan adalah mix methods, dengan data dikumpulkan melalui wawancara dan angket yang melibatkan pemilik usaha, ahli desain, dan konsumen (masyarakat umum) sebagai validator. Hasil validasi menunjukkan bahwa desain kemasan Kopi Semendo mendapat penilaian “Sangat Menarik” dari seluruh validator, dengan skor 57 persentase 95% dari pemilik usaha, skor 58 persentase 96,67% dari ahli desain, dan skor 9338 persentase 93,38% dari konsumen. Berdasarkan hasil tersebut, desain kemasan dinilai layak sebagai produk oleh-oleh yang informatif dan representatif. Kata Kunci: Desain Kemasan, Kopi Semendo, Produk Oleh-oleh, Identitas Budaya, dan Metode R&D.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Desain Kemasan, Kopi Semendo, Produk Oleh-oleh, Identitas Budaya, dan Metode R&D
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Business Administration > Undergraduate Theses
Depositing User: Pustaka Adm Bisnis
Date Deposited: 08 Aug 2025 09:17
Last Modified: 08 Aug 2025 09:17
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/17538

Actions (login required)

View Item View Item