Sari, Intan Sekar (2025) PENGEMBANGAN DESAIN KEMASAN KOPI SEMENDO YANG INOVATIF SEBAGAI PRODUK OLEH-OLEH PADA CV. KOPI BIJI UMKM DI KOTA PALEMBANG. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (COVER)
a. Cover.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
a.1 File Abstrak.pdf - Published Version Download (280kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
b.FILE BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (607kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
c. FILE BAB II TINJAUAN TEORI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (627kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
d. FILE BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (580kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
e. FILE BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
f. FILE BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (329kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
g. FILE DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
h. FILE LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Pengembangan desain kemasan Kopi Semendo ukuran 225gram dilakukan karena desain sebelumnya belum secara maksimal merepresentasikan identitas budaya dan asal daerah kopi dalam bentuk visual dan informasi tertulis. Oleh karena itu, diperlukan inovasi desain yang tidak hanya menarik, tetapi juga informatif agar dapat dijadikan oleh-oleh khas yang mewakili daerah penghasil kopi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah desain kemasan Kopi Semendo dari CV. Kopi Biji Palembang dapat dijadikan sebagai Produk Oleh-oleh yang informatif melalui pengembangan Desain Kemasan. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) versi Borg and Gall, dengan lima tahapan utama: identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, perancangan, validasi, dan revisi desain. Pendekatan yang digunakan adalah mix methods, dengan data dikumpulkan melalui wawancara dan angket yang melibatkan pemilik usaha, ahli desain, dan konsumen (masyarakat umum) sebagai validator. Hasil validasi menunjukkan bahwa desain kemasan Kopi Semendo mendapat penilaian “Sangat Menarik” dari seluruh validator, dengan skor 57 persentase 95% dari pemilik usaha, skor 58 persentase 96,67% dari ahli desain, dan skor 9338 persentase 93,38% dari konsumen. Berdasarkan hasil tersebut, desain kemasan dinilai layak sebagai produk oleh-oleh yang informatif dan representatif. Kata Kunci: Desain Kemasan, Kopi Semendo, Produk Oleh-oleh, Identitas Budaya, dan Metode R&D.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Desain Kemasan, Kopi Semendo, Produk Oleh-oleh, Identitas Budaya, dan Metode R&D |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Business Administration > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Pustaka Adm Bisnis |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 09:17 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 09:17 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/17538 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |