PERANCANGAN INSTAGRAM SEBAGAI SARANA INFORMASI DAN PROMOSI PADA PEMPEK DAPUR BINGEN

Balqis, Nabila (2025) PERANCANGAN INSTAGRAM SEBAGAI SARANA INFORMASI DAN PROMOSI PADA PEMPEK DAPUR BINGEN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version

Download (795kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perancangan Instagram sebagai Sarana Informasi dan Promosi pada Pempek Dapur Bingen. Laporan Akhir ini bertujuan untuk merancang ulang akun Instagram sebagai sarana informasi dan promosi melalui pendekatan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap Analisis, ditemukan beberapa permasalahan seperti rendahnya frekuensi pembaruan informasi penting (menu, lokasi, bio), penggunaan akun pribadi yang membatasi akses fitur analitik, caption yang kurang persuasif, serta konten yang belum memiliki identitas visual yang konsisten. Pada tahap Desain, dilakukan pembaruan informasi usaha, konversi akun pribadi ke akun bisnis, serta perancangan caption dan konten dengan visual yang seragam. Tahap Pengembangan mencakup pembaruan bio, informasi produk, penautan akun ke bisnis, serta penggunaan fitur seperti Feed, Reels, Story, Highlight, Caption, dan Hashtag. Tahap Implementasi memanfaatkan fitur Instagram Insight untuk menilai efektivitas konten dan promosi, serta menyesuaikan visual dengan identitas logo. Pada tahap Evaluasi, terdapat peningkatan signifikan yaitu dengan total tayangan mencapai 13.329 kali dalam satu bulan, jangkauan akun naik 27,4%, dan interaksi meningkat. Postingan pertama mencatat performa terbaik dengan 671 tayangan, 37 interaksi, dan 31 aktivitas profil. Perancangan dan pengembangan akun Instagram melalui konversi ke akun bisnis dan penggunaan fitur Instagram yang optimal berhasil memperkuat strategi informasi dan promosi secara digital. Kata Kunci: Perancangan, Instagram Bisnis, Informasi, Promosi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Perancangan, Instagram Bisnis, Informasi, Promosi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Business Administration > Undergraduate Theses
Depositing User: Pustaka Adm Bisnis
Date Deposited: 10 Aug 2025 06:20
Last Modified: 10 Aug 2025 06:20
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/17585

Actions (login required)

View Item View Item