Balqis, Nabila (2025) PERANCANGAN INSTAGRAM SEBAGAI SARANA INFORMASI DAN PROMOSI PADA PEMPEK DAPUR BINGEN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version Download (795kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (140kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
|
![]() |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
|
![]() |
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (344kB) |
|
![]() |
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
|
![]() |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Perancangan Instagram sebagai Sarana Informasi dan Promosi pada Pempek Dapur Bingen. Laporan Akhir ini bertujuan untuk merancang ulang akun Instagram sebagai sarana informasi dan promosi melalui pendekatan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap Analisis, ditemukan beberapa permasalahan seperti rendahnya frekuensi pembaruan informasi penting (menu, lokasi, bio), penggunaan akun pribadi yang membatasi akses fitur analitik, caption yang kurang persuasif, serta konten yang belum memiliki identitas visual yang konsisten. Pada tahap Desain, dilakukan pembaruan informasi usaha, konversi akun pribadi ke akun bisnis, serta perancangan caption dan konten dengan visual yang seragam. Tahap Pengembangan mencakup pembaruan bio, informasi produk, penautan akun ke bisnis, serta penggunaan fitur seperti Feed, Reels, Story, Highlight, Caption, dan Hashtag. Tahap Implementasi memanfaatkan fitur Instagram Insight untuk menilai efektivitas konten dan promosi, serta menyesuaikan visual dengan identitas logo. Pada tahap Evaluasi, terdapat peningkatan signifikan yaitu dengan total tayangan mencapai 13.329 kali dalam satu bulan, jangkauan akun naik 27,4%, dan interaksi meningkat. Postingan pertama mencatat performa terbaik dengan 671 tayangan, 37 interaksi, dan 31 aktivitas profil. Perancangan dan pengembangan akun Instagram melalui konversi ke akun bisnis dan penggunaan fitur Instagram yang optimal berhasil memperkuat strategi informasi dan promosi secara digital. Kata Kunci: Perancangan, Instagram Bisnis, Informasi, Promosi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Perancangan, Instagram Bisnis, Informasi, Promosi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Business Administration > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Pustaka Adm Bisnis |
Date Deposited: | 10 Aug 2025 06:20 |
Last Modified: | 10 Aug 2025 06:20 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/17585 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |