PERANCANGAN KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN PROMOSI PADA UMKM TOKO JR AQUATIC DI PALEMBANG

Silva Abhista, Arisha (2025) PERANCANGAN KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN PROMOSI PADA UMKM TOKO JR AQUATIC DI PALEMBANG. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (896kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (762kB)
[img] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (899kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang konten media sosial Instagram yang efektif sebagai upaya meningkatkan strategi promosi pada UMKM Toko JR Aquatic di Palembang. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya aktivitas promosi digital yang dilakukan oleh UMKM tersebut, terutama melalui platform Instagram. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang terdiri dari lima tahapan sistematis dalam merancang dan mengimplementasikan konten. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung, wawancara dengan pemilik UMKM, serta analisis fitur Instagram Insight. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan konten yang terstruktur, menarik secara visual, dan dipublikasikan secara konsisten mampu meningkatkan tayangan (reach), interaksi (engagement), dan kesadaran merek (brand awareness). Meski belum berdampak signifikan terhadap peningkatan jumlah pengikut, strategi ini mampu menarik perhatian audiens dan memperkuat identitas toko di media sosial. Evaluasi juga menunjukkan bahwa jenis konten edukatif dan interaktif memiliki daya tarik lebih tinggi dibandingkan konten promosi biasa. Dengan memanfaatkan fitur Instagram secara maksimal seperti reels, stories, dan hashtag yang relevan, UMKM memiliki peluang untuk memperluas jangkauan pasar, membangun kedekatan dengan pelanggan, serta meningkatkan daya saing di era digital. Kata Kunci: Konten Instagram, Metode ADDIE, JR Aquatic.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Konten Instagram, Metode ADDIE, JR Aquatic.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Business Administration > Undergraduate Theses
Depositing User: Pustaka Adm Bisnis
Date Deposited: 09 Aug 2025 09:26
Last Modified: 09 Aug 2025 09:26
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/17648

Actions (login required)

View Item View Item