Farizi, Muhammad Maulana Al (2025) ANALISIS KINERJA KEUANGAN MASKAPAI PENERBANGAN GARUDA INDONESIA DENGAN MASKAPAI PENERBANGAN DI ASEAN MENGGUNAKAN RASIO PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS DENGAN UJI NON-PARAMETRIK (PERIODE 2019-2024). Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (180kB) |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II .pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (529kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III .pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (533kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V .pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
|
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membandingkan kinerja keuangan maskapai penerbangan di kawasan ASEAN yaitu; Air Asia Indonesia, Air Asia X, Cebu Pasific, Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Thailand Airways dan Vietnam Airline menggunakan uji statistik non-parametrik Kruskal-Wallis H dan Mann-Whitney U (Post Hoc). Data laporan keuangan diambil dari tahun 2019-2024 berasal dari website masing-masing perusahaan dan website pasar saham. Pengujian hipotesis mencakup dua rasio keuangan; Profitabilitas yaitu Gross Profit Margin (GPM), Net Profit Margin (NPM), Return of Assets (ROA) , Return of Equity (ROE), Return of Sales (ROS) dan Return of Common Equity (ROCE) serta Likuiditas yaitu Current Ratio (CR), Quick Ratio (QR) dan Cash Ratio (CaR). Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antar maskapai pada rasio likuiditas, namun tidak signifikan pada rasio profitabilitas. Rata-rata keuangan Garuda Indonesia lebih baik dibanding maskapai Low Cost Carrier (LCC), setara dengan maskapai nasional seperti Thailand Airways dan Vietnam Airlines namun masih tertinggal jauh dari Singapore Airlines khususnya pada Current Ratio (CR), Quick Ratio (QR), dan Cash Ratio (CaR). Penelitian ini menjadi acuan penting dalam mendukung pengambilan keputusan strategis di tingkat manajerial serta perumusan kebijakan pemulihan dalam industri penerbangan. Oleh karena itu, maskapai nasional diharapkan dapat mengoptimalkan pengelolaan likuiditas dan merancang langkah-langkah mitigasi risiko keuangan secara berkelanjutan guna memperkuat daya tahan menghadapi krisis serupa di masa depan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Kinerja keuangan, Profitabilitas, Likuiditas, Maskapai ASEAN, Kruskal Wallis dan Mann Whitney |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Business Management > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Pustaka Adm Bisnis |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 08:27 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 08:27 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/17719 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |