PERANCANGAN SISTEM KEARSIPAN ELEKTRONIK SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR BERBASIS MICROSOFT ACCES PADA KANTOR LURAH 24 ILIR PALEMBANG

Geopani, Raja Sena (2025) PERANCANGAN SISTEM KEARSIPAN ELEKTRONIK SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR BERBASIS MICROSOFT ACCES PADA KANTOR LURAH 24 ILIR PALEMBANG. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version

Download (782kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Laporan akhir ini berjudul "Perancangan Sistem Kearsipan Elektronik Surat Masuk dan Surat Keluar Berbasis Microsoft Access pada Kantor Lurah 24 Ilir Palembang" yang bertujuan untuk merancang sebuah sistem arsip elektronik guna mendukung proses pengelolaan surat masuk dan surat keluar secara efisien dan terstruktur Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan pihak terkait, diketahui bahwa proses pengarsipan di Kantor Lurah 24 Ilir masih dilakukan secara manual menggunakan buku agenda, yang sering menimbulkan kendala seperti risiko kerusakan fisik, kesalahan input data, serta lamanya waktu pencarian dokumen arsip. Permasalahan ini menghambat efisiensi kerja dan akurasi data kearsipan. Untuk menjawab tantangan tersebut, dirancanglah sistem kearsipan elektronik berbasis Microsoft Access melalui pendekatan model pengembangan ADDIE. Sistem ini mencakup fitur pencatatan surat masuk dan keluar, pencarian data, serta pembuatan laporan secara otomatis. Hasil implementasi menunjukkan bahwa sistem mampu mempercepat proses pencarian dokumen, mengurangi potensi kesalahan pencatatan, dan meningkatkan keandalan dalam pengelolaan arsip surat. Dengan demikian, sistem ini diharapkan dapat menjadi solusi efektif dan praktis bagi peningkatan kualitas layanan administrasi di lingkungan kantor kelurahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Sistem Kearsipan Elektronik, Surat Masuk dan Keluar, Microsoft Access, Model ADDIE.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Business Administration > Undergraduate Theses
Depositing User: dinda a.p Pustaka Adm Bisnis
Date Deposited: 15 Aug 2025 02:10
Last Modified: 15 Aug 2025 02:10
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/18373

Actions (login required)

View Item View Item