Ridho, Muhammad (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA TOKO YAKIN DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
![]() |
Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (256kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (492kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (485kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (255kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan usaha pada Toko Yakin yang berlokasi di Jalan Pasar 16 Ilir Lorong Ogan No. 3 dengan menggunakan analisis SWOT, Matriks Internal Factor Evaluation (IFE), dan Matriks External Factor Evaluation (EFE). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya penurunan pendapatan yang disebabkan covid 19 serta perubahan perilaku konsumen dari belanja offline ke belanja online. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuisioner terhadap 6 orang responden, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor total Matriks IFE sebesar 3,75 yang mencerminkan posisi internal yang kuat, sedangkan skor total Matriks EFE sebesar 3,54 yang menunjukkan respons organisasi terhadap peluang dan ancaman di lingkungan eksternal berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis SWOT dan perhitungan matriks, Toko Daster Yakin berada pada Kuadran I yang mendukung penerapan strategi agresif. Strategi pengembangan usaha yang diterapkan meliputi peningkatan keterampilan tenaga kerja dalam pembuatan konten promosi yang menarik, pemberian promo dengan harga terjangkau untuk menarik dan mempertahankan pelanggan, serta pemanfaatan media sosial dan marketplace sebagai saluran penjualan guna memperluas jangkauan pasar dan menyesuaikan diri dengan perilaku konsumen yang semakin digital, dan melakukan pencatatan keuangan dengan rinci untuk memantau seluruh pengeluaran dan pemasukan agar lebih efisien.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Strategi Pengembangan Usaha, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks SWOT, Diagram Analisis SWOT |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Business Management > Undergraduate Theses |
Depositing User: | dinda a.p Pustaka Adm Bisnis |
Date Deposited: | 16 Aug 2025 07:36 |
Last Modified: | 16 Aug 2025 07:36 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/18543 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |