Marsellina, - (2025) Implementasi Soft System Methodology (SSM) dalam Aplikasi Pengaduan Masyarakat di Polsek (Kepolisian Sektor) Penukal Utara dengan Optimalisasi Indeksasi Data Menggunakan Struktur B-Tree. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf Download (13kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB I .pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II .pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III .pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi pengaduan masyarakat berbasis web di lingkungan Polsek Penukal Utara, dengan menerapkan pendekatan Soft System Methodology (SSM) dan optimalisasi indeksasi data menggunakan struktur B-Tree. Permasalahan utama yang dihadapi adalah proses pencatatan laporan pengaduan masyarakat yang masih dilakukan secara terkomputerisasi menggunakan aplikasi pengolah kata atau Microsoft Word, yang mengakibatkan rendahnya efisiensi, risiko kehilangan data, dan keterbatasan dalam pencarian informasi. Melalui enam tahapan SSM, mulai dari identifikasi masalah hingga evaluasi, penelitian ini merancang sistem digital yang mampu memenuhi kebutuhan teknis dan operasional petugas SPKT. Sistem yang dikembangkan mencakup fitur pelaporan, verifikasi, disposisi, pelacakan status laporan, serta pencetakan STTLP. Penerapan struktur B-Tree dalam sistem basis data berperan penting dalam meningkatkan performa pencarian data, khususnya pada laporan yang jumlahnya terus bertambah. Evaluasi terhadap sistem dilakukan dengan pendekatan 3E (Efficacy, Efficiency, dan Effectiveness), dan menunjukkan bahwa sistem mampu meningkatkan kecepatan pelayanan, keakuratan pencatatan, serta efisiensi pengelolaan laporan. Dengan adanya sistem ini, diharapkan kualitas pelayanan publik di lingkungan Polsek dapat meningkat secara signifikan serta mendorong transparansi dan akuntabilitas dalam proses penanganan pengaduan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Sistem Informasi, Pengaduan Masyarakat, Soft System Methodology, B- Tree, SPKT, Polsek, Evaluasi 3E. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Informatics Management > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Pustaka Manajemen Informatika |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 03:53 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 03:53 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/18575 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |