RANCANG BANGUN APLIKASI SERVICE KENDARAAN BERBASIS WEB PADA BENGKEL SEMARANG AUTO CAR

Ridwan, M. Andhika Rifqialdi (2025) RANCANG BANGUN APLIKASI SERVICE KENDARAAN BERBASIS WEB PADA BENGKEL SEMARANG AUTO CAR. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img] Text (Abstract)
Abstract.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text (FULLTEXT)
FullText.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Bengkel Semarang Auto Car Palembang sebelumnya menjalankan proses pelayanan service kendaraan secara manual, mulai dari pencatatan data pelanggan hingga pengelolaan riwayat service, yang seringkali menyebabkan keterlambatan dan ketidakteraturan dalam pengolahan data. Kondisi ini mendorong perlunya sistem informasi berbasis web untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi service kendaraan berbasis web yang memungkinkan pelanggan melakukan booking layanan secara online dan membantu admin maupun pegawai dalam mengelola data pelanggan, layanan, serta tagihan secara digital. Metode yang digunakan adalah model Waterfall yang terdiri dari analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, dan pengujian menggunakan metode black-box. Hasil akhir dari penelitian ini adalah aplikasi yang dapat diakses oleh tiga jenis pengguna dengan hak akses berbeda, yaitu admin, mekanik, dan pelanggan. Aplikasi ini mampu mempermudah proses layanan, mempercepat pencatatan data, dan mengurangi penggunaan dokumen manual. Dengan demikian, sistem yang dibangun dinilai layak untuk diimplementasikan guna mendukung proses digitalisasi di lingkungan bengkel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pelayanan, Servis Kendaraan, Waterfall, Black-box.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Informatics Management > Undergraduate Theses
Depositing User: Pustaka Manajemen Informatika
Date Deposited: 25 Aug 2025 09:22
Last Modified: 25 Aug 2025 09:22
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/18890

Actions (login required)

View Item View Item